Kampung Adat Umbu Koba Sumba Barat Daya Terbakar, 1 Orang Meninggal

loading...
Kampung Adat Umbu Koba Sumba Barat Daya Terbakar, 1 Orang Meninggal
Kebakaran di Kampung Adat Umbu Koba, Sumba Barat Daya, NTT video yang dibagikan akun Ananias Bulu di linimasa Facebooknya. Foto/Ist
SUMBA - Kembali musibah kebakaran terjadi pada kampung adat di Pulau Sumba. Kali ini sekitar 32 rumah di Kampung Adat Umbu Koba, Kecamatan Wewewa Selatan, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT) terbakar, Minggu (27/9/2020) siang lalu.

Peristiwa kebakaran itu kini terus dibagikan informasinya oleh sejumlah warga melalui akun media sosialnya, baik dalam bentuk foto maupun video. (Baca juga: Warga Sumba Gempar, Ada Semburan Air dan Lumpur Mudah Terbakar)

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Sumba Barat Daya, Agustinus Pandak, yang dihubungi via gawainya, Minggu (27/9/2020) sore membenarkan peristiwa itu. (Baca juga: Se’i Sapiku, Rekomendasi Restoran Spesialis Daging Asap)

“Peristiwa kebakaran itu terjadi sekira pukul dua siang tadi. Informasinya ada 32 rumah adat yang terbakar dari sekitar 35 rumah disana. Ini saya dan tim BPBD lagi meluncur ke lokasi,” kata Agustinus.



Agustinus mengatakan, informasi awal yang diperoleh pihaknya menyebutkan adanya satu korban jiwa dalam musibah itu. “Ada informasi satu korban jiwa dalam peritiwa itu, hanya saya belum bisa pastikan korbannya laki-laki atau perempuan,” kata dia.

Menurut Agustinus, pihaknya akan memberikan data lebih jelas baik tentang jumlah kobran dan juga dugaan penyebab kebakaran setelah tiba dilokasi dan menyalurkan bantuan emergency bagi para musibah kebakaran.

Kampung adat Umbu Koba sendiri merupakan salah satu kampung tua di Sumba Barat Daya bahkan pulau Sumba pada umumnya. Di kampung ini masyarakat masih memegang teguh nilai – nilai dan tradisi adat warisan leluhur. Benda – benda adat yang terkaait dengan kepercayaan Marapu (Kepercayaan asli masyarakat Sumba) masih tersimpan di rumah – rumah adat ini.
(nth)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top