Mantan Bupati Gresik 2 Periode Wafat, Ini Kesaksian Wakil Ketua MPR

loading...
Mantan Bupati Gresik 2 Periode Wafat, Ini Kesaksian Wakil Ketua MPR
Almarhum KH Robbach Masum.Foto/ist
JAKARTA - Mantan bupati Gresik dua periode yang juga tokoh Nahdlatul Ulama (NU), KH Robbach Ma'shum meninggal dunia, Selasa (22/9/2020) pagi. Kabar meninggalnya ulama kharismatik ini disampaikan Wakil Ketua MPR yang juga politikus PKB asal Pulau Bawean, Gresik, Jazilul Fawaid.

"Inna lillahi waInna ilaihi rojiun.... Telah berpulang ke Rahmatulloh, BPK. KH. ROBBAH MA'SUM, keluarga besar Ponpes IHYAUL ULUM DUKUN GRESIK, mantan BUPATI GRESIK, Ketua PKB GRESIK," ujar Jazilul Fawaid melalui pesan WhatsApp.

Wakil Ketua Umum DPP PKB ini mengungkapkan rasa dukanya atas kepergian kiai panutan yang juga merupakan guru spiritual dan politiknya. "Selamat Jalan guruku, teriring doa dan duka yang mendalam. Kami akan lanjutkan perjuanganmu," ungkapnya.

(Baca juga:Bupati Gresik 2 Periode Robbach Ma'sum Wafat Usai Wudlu Subuh)

Gus Jazil mengaku ketika masih nyantri, KH Robbach Ma'shum adalah guru idolanya. "Beliau adalah kiai yang dicintai sekaligus ditakuti karena ketegasannya. Beliau yang mengajari saya keberanian dan tanggung jawab mengambil risiko di setiap perjuangan. Beliau telah sukses menjadi bupati Gresik, membangun Gresik menjadi kota santri sekaligus kota industri," tuturnya.

KH Robbach Ma'shum semasa hidupnya pernah menduduki posisi strategis baik di politik maupun di kepengurusan NU. Kiai kelahiran 25 Maret 1947 ini selain pernah menjabat bupati Gresik dua periode, yakni 2000 - 2005 dan 2005-2010, sebelumnya juga pernah menjadi Ketua DPRD Kabupaten Gresik (1999 - 2000). Selain itu, beliau juga pernah menjadi Mustasyar PCNU Gresik.
(msd)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top