Mountenering, Kemampuan Wajib Regu Pandu Tempur Brigif 2 Marinir

Senin, 04 Mei 2020 - 22:57 WIB
loading...
Mountenering, Kemampuan Wajib Regu Pandu Tempur Brigif 2 Marinir
Rupanpur Brigade Infanteri (Brigif) 2 Marinir melaksanakan latihan mountenering di Bumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, Senin (4/5/2020). Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SIDOARJO - Marinir, sebagai salah satu pasukan elit di jajaran TNI AL dituntut mampu menguasai segala medan. Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki yakni mountenering. Sehingga sudah menjadi kewajiban bagi setiap prajurit untuk terus mengasah dan berlatih.

Seperti yang dilakukan oleh Regu Pandu Tempur (Rupanpur) Brigade Infanteri (Brigif) 2 Marinir, di Bumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (04/05/2020). Meski dalam suasana puasa, mereka tetap melaksanakan latihan Mountenering.

Mountenering, Kemampuan Wajib Regu Pandu Tempur Brigif 2 Marinir


Latihan Mountenering yang diikuti Rupanpur Yonif 1, 3, dan 5 Marinir ini dipimpin oleh Lettu Mar. Novie Haryanto. Sejumlah materi latihan seperti sheet rapling dan ipam rapling tanpa material dan menggunakan material, menjadi salah satu materi yang diasah. Hal itu dalam rangka mengasah keterampilan dan profesionalisme anggota Rupanpur Brigif 2 Marinir.

Novie Hariyanto mengatakan, mountenering adalah suatu kemampuan teknik mengatasi dan melintasi rintangan alam maupun buatan berupa naik dan turun tebing, bangunan, sungai, dan lembah dengan menggunakan peralatan agar dalam melaksanakan tugas pokok lebih berhasil guna.

Mountenering, Kemampuan Wajib Regu Pandu Tempur Brigif 2 Marinir


"Mountenering dibagi menjadi dua, yaitu Hill Walking atau Hiking dan Wall Climbing," katanya.Sedangkan alat Climbing meliputi tali pendakian (static rope dan dynamic rope), Carabiner, Sling, Desconder, Ascender, harness/tali tubuh, sepatu, anchor/jangkar.

Dalam kesempatan tersebut Novie Hariyanto menyampaikan kepada seluruh peserta agar melaksanakan latihan Mountenering dengan sungguh-sungguh, dan memperhatikan faktor keamanan baik personel maupun material, serta mengikuti seluruh instruksi dari pelatih agar latihan dapat berjalan lancar dan aman.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5759 seconds (0.1#10.140)