Modal Rp10 Juta-Panen Rp50 Juta, Bisnis Bebek Saat Pandemi

Kamis, 10 September 2020 - 13:53 WIB
loading...
Modal Rp10 Juta-Panen Rp50 Juta, Bisnis Bebek Saat Pandemi
Dua pemuda di Pidie Jaya memanfaatkan masa pandemi COVID-19 dengan berbisnis bebek yang ternyata menghasilkan keuntungan yang berlipat. Foto/iNewsTV/Jamal Pangwa
A A A
PIDIE JAYA - Dua pemuda di Kawasan Teupin Peuraho, Desa Kuta Geulumpang, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya , Aceh, lebih memilih memanfaatkan waktunya pada masa pandemi COVID-19 saat ini menggeluti usaha peternakan bebek pedaging.

Kegiatan ini mereka lakukan sekitar 2 tahun lebih maka bisa dikatakan kondisinya mujur dengan modal kecil tapi bisa meraut keuntungan yang sangat besar. (Baca juga: Ribuan Sapi dan Kerbau di Pidie Jaya Aceh Divaksin Septicemia Efizootica )

Dua pemuda asal di wilayah Teupi Peuraho, Desa Kuta Geulumpang, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, pada masa pandemi COVID-19 saat ini mereka lebih memilih menggeluti usaha peternak bebek pedaging yang dimulai sejak tahun 2019 di desa mereka. (Baca juga: Cerita WNI di Australia: Masker Mulai Tak Wajib dan Bisa Main Ski )

Dengan memanfaatkan lahan sawah milik warga yang masih kosong, usaha mereka mujur. Bahkan dengan modal hanya Rp10 juta, dua peternak itik ini bisa dapat meraup keuntungan mencapai Rp50 juta rupiah per 3 bulan sekali panen.

Bibit bebek yang mereka beli dari Sumatera Utara, mereka budidayakan dengan cara sekitar 30 hari dikurung di dalam kandang dengan diberikan pakan. Sedangkan dengan tempo 2 bulan lagi, mereka melepaskan bebek ke lahan sawah kosong maka bebek bebek ini akan mencari makan sendiri nanti.

Kendati setelah dilepas ke sawah kosong, bebek itu hanya mereka kontrol saja kondisi bebek bebek itu yang berkeliaran di sawah warga hanya 2 hari sekali. Namun setelah umur bebek itu memasuki 3 bulan, barulah mereka memulai panen. Uniknya bebek bebek ini hanya diberikan selama 30 hari. Selanjut bebek itu mencari makan sendiri di sawah.

Seorang peternak bebek pedaging, Munawir, menyebutkan bahwa modal yang mereka keluarkan untuk operasional dengan membeli bibit bebek pedaging dan pakannya selama 30 hari hanya sekitar Rp10 juta rupiah untuk 1.000 ekor bibit bebek dan pakannya selama 30 hari saja.

Bebek yang berumur 3 bulan yang dipanen akan di jual ke pasar-pasar tradisional yang ada di Aceh dengan harga bebek per ekor nya Rp40.000-Rp60.000 per ekor nya. Jadi dengan modal hanya Rp10 juta, kami bisa meraup keuntungan per sekali panen mencapai Rp50 juta,” kata Munawir.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)