Banjir Masih Rendam Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon

Minggu, 09 Februari 2020 - 09:00 WIB
Banjir Masih Rendam Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon
Banjir Masih Rendam Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon
A A A
CIREBON - Ribuan rumah di lima belas desa yang tersebar di sepuluh kecamatan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat masih terendam banjir, Sabtu (8/2/2020) malam. Ketinggian air di sejumlah titik masih terbilang tinggi antara 65 centimeter hingga 80 centimeter, seperti terpantau di dua desa yakni Desa Wanakaya dan Desa Astana, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon.

Di dua desa yang menjadi muara sejumlah sungai tersebut, ketinggian air masih bertahan delapan puluh centimeter. Rumah-rumah warga, bahkan masih terendam banjir. Meski demikian, warga memilih bertahan dan enggan dievakuasi dengan alasan menjaga harta bendanya. "Kami sengaja tetap bertahan, ya selain banjir mulai surut. Kami juga menjaga harta benda kami" ujar Sarobah, salah seorang warga.

sementara, petugas gabungan telah menutup tanggul Sungai Condong yang jebol sepanjang enam meter. Penahan sementara tanggul jebol tersebut dinilai efektir untuk menurunkan debit air yang merendam pemukiman warga. Air pun sedikit demi sedikit mulai surut.

Saat ini, petugas gabungan masih disiagakan di lokasi berikut sejumlah perahu karet untuk mempermudah hilir mudik warga yang hendak memantau rumahnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4029 seconds (0.1#10.140)