Komunitas Toko Kelontong Terus Produktif di Masa Pandemi

Senin, 31 Agustus 2020 - 09:51 WIB
loading...
Komunitas Toko Kelontong Terus Produktif di Masa Pandemi
Sri Nursiti pemilik toko SRC Pendi, Bogor, siap melayani pelanggan yang berbelanja di toko kelontong SRC miliknya dengan hiasan bernuansa merah putih (30/08/2020). (Foto/Ist)
A A A
PEMATANGSIANTAR - Komunitas toko kelontong di lima kota yakni Kota Pematangsiantar , Karawang, Ciajur, Surabaya dan Yogyakarta ikut menjadi bagian gerakan terus produktif dengan beradaptasi pada kebiasaan baru.

Mereka tergabung dalam Sampoerna Retail Community (SRC), komunitas Toko Kelontong Masa Kini yang tergabung dalam program kemitraan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS).

Mereka menginisiasi program #SRCKibarkanSemangat sebagai bentuk komitmen untuk mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar terus produktif dengan beradaptasi pada kebiasaan baru.

Inisiatif ini sekaligus seruan semangat kepada masyarakat agar mengambil peran aktif dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). (BACA JUGA: PBB Kecam Aksi Pembakaran Al Quran di Swedia)

Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki melalui video singkat pun menyampaikan dukungan atas inisiatif ini dengan menyampaikan seruan semangat kepada seluruh UMKM di Indonesia

“Bagi seluruh toko kelontong dan UMKM di Indonesia jangan menyerah, tetap kibarkan semangat, dengan sikap gotong-royong. Bulan-bulan berlalu, keringat dan air mata kita rasakan, tapi satu yang selalu menjadi harapan, UMKM untuk Indonesia Maju,” tegas Teten dalam keterangan pers tertulisnya, Senin (31/8/2020).

Selaras dengan itu, Direktur PT SRCIS, Henny Susanto mengatakan bahwa program ini wujud komitmennya menyebarkan semangat positif kepada UMKM Indonesia agar dapat melewati masa sulit ini bersama-sama. (BACA JUGA: Lancang, Braithwaite Minta Nomor 10 jika Messi Jadi Tinggalkan Barcelona)

“Kami terus berupaya untuk memberikan dampak positif bagi UMKM di Indonesia melalui pendampingan berkelanjutan dan selama masa pandemi, komitmen ini semakin teguh kami jalankan,” kata Henny.

Dalam program itu #SRCKibarkanSemangat Toko Kelontong SRC berkolaborasi dengan UMKM binaan Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) yang memproduksi Kerupuk Semangat edisi khusus Peringatan Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia yang tersedia di 5 kota, mulai dari Karawang, Cianjur,
Surabaya, Pematang Siantar hingga Yogyakarta.

Henny menambahkan, walaupun perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini cukup berbeda dibanding tahun sebelumnya, semangat kebersamaan dan gotong-royong diwujudkan melalui berbagai kegiatan seperti dekorasi toko dengan hiasan bernuansa merah putih. (BACA JUGA: Aplikasi E-Istiqlal Hadirkan Beragam Fungsi dan Konten Islami)

Gerakan menghias toko secara serentak ini berhasil memecahkan Rekor Dunia oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori ‘Lomba Menghias Toko Kelontong dengan Nuansa Merah Putih Terbanyak.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2546 seconds (0.1#10.140)