Jalur Layang Kereta Api Kualanamu-Medan Bakal Diperpanjang Sampai Binjai

Minggu, 05 Januari 2020 - 08:29 WIB
Jalur Layang Kereta Api Kualanamu-Medan Bakal Diperpanjang Sampai Binjai
Jalur Layang Kereta Api Kualanamu-Medan Bakal Diperpanjang Sampai Binjai
A A A
MEDAN - Jalur layang kereta api Stasiun Bandara Kualanamu ke Stasiun Besar Medan, rencananya akan diteruskan sampai ke Binjai. Selain itu, rencana reaktivasi jalur kereta api di beberapa wilayah Sumatera Utara juga dalam pengkajian.

"Kota Medan menjadi prioritas terhadap pembangunan jalur layang ini. Ada kereta layang sepanjang 10 Km, ini anugerah luar biasa dan ini menjadi backbone (tulang punggung) lalu lintas. Ini menjadi suatu sarana utama, perjalanan antar moda bisa dilakukan di stasiun,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi, Sabtu (4/1/2020).

Menhub saat kunjungan kerja ke Medan, Sumatera Utara, meninjau Bandara Internasional Kualanamu (KNIA), jalur layang Kereta Api (KA) lintas Stasiun KA Bandara Kualanamu ke Stasiun Besar KA Medan. Rencananya jalur layang ini akan diteruskan hingga ke Binjai.

Menhub juga menyampaikan akan menginventarisasi kembali aset kereta api, terkait permintaan pengaktifan kembali jalur kereta api. "Kami juga menginginkan Jalan Layang Kereta Api itu bisa diteruskan hingga Binjai. Namun, untuk itu akan kita pelajari lebih lanjut, termasuk ide pengaktifkan kembali jalur ke Delitua dan Pancurbatu," tutur Budi.

Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Musa Rajekshah mengapresiasi pengoperasian jalan layang untuk kereta api yang diyakini mampu mendorong percepatan pembangunan di Sumut. "Banyak jalur kereta api yang melewati persimpangan jalan, sehingga menimbulkan kemacetan di jalan. Dengan adanya jalan layang kereta api ini kiranya dapat membantu mengatasi itu," sebutnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4557 seconds (0.1#10.140)