Pelaku UMKM Minta Banpres Rp2,4 Juta Terealisasi dan Tepat Sasaran

Minggu, 30 Agustus 2020 - 02:45 WIB
loading...
Pelaku UMKM Minta Banpres Rp2,4 Juta Terealisasi dan Tepat Sasaran
Foto : Pelaku UMKM di KBB berharap banpres produktif dari pemerintah pusat senilai Rp2,4 juta segera terealisasi dan tepat sasaran kepada pelaku usaha yang terdampak COVID-19. Foto: Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG BARAT - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) berharap bantuan presiden (banpres) produktif untuk UMKM senilai Rp2,4 juta tepat sasaran. Ini supaya dapat dimanfaatkan dan memperpanjang nafas para pelaku UMKM yang sekarang sedang ngos-ngosan akibat hantaman badai COVID-19.

"Kami ingin bantuan itu segera terealisasi, diterima oleh para pelaku UMKM, dan yang terpenting harus tepat sasaran," kata Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Mikro Kecil Menengah Indonesia (Hipmikindo) KBB, Saiful Rachman, Sabtu (29/8/2020).(Baca juga : Geram Pelaku Pencabulan Bocah 4 Tahun Bebas Berkeliaran, Orang Tua Ngadu ke KPAI )

Dia menilai, bantuan tambahan modal bagi UMKM terdampak COVID-19 ini sudah sangat ditunggu. Banyak anggotanya yang menanyakan kapan ini akan terealisasi mengingat gembar-gembor di media sudah terdengar dari beberapa minggu ke belakang. Untuk itu dirinya meminta agar informasi ini disampaikan oleh yang berwenang kepada para pelaku UMKM untuk menghindari kesimpangsiuran.

Disinggung apakah anggotanya sudah ada yang mendapatkan bantuan ini, pria yang akrab disapa Eful ini menyebutkan, hingga pertengahan pekan ini belum ada yang dapat. Namun untuk progres terbaru hingga sekarang, dirinya harus mengecek terlebih dahulu kepada anggotanya apakah sudah ada yang menerima atau masih belum.

"Informasi dari pelaku UMKM belum ada yang dapat. Terakhir mereka baru melakukan input pendaftaran secara online di platform milik Dinas UMKM," tuturnya seraya menyebutkan pelaku UMKM di KBB jumlahnya ada sekitar 1.000.(Baca juga : Sabar! 1,7 Juta Karyawan Masih Nunggu Transferan BLT Rp600.000 )

Lebih lanjut dikatakannya, mekanisme penyaluran dan data penerima UMKM yang mendapat bantuan ada di Dinas UMKM KBB. Akan tetapi hingga kini belum ada tindak lanjut atau kepastian UMKM mana yang berhak dapat bantuan. Banpres produktif ini dinilai tepat karena bantuan modal ini berupa hibah. Berbeda dengan yang selama ini ada, seperti bantuan berupa pinjaman modal dengan bunga ringan.

"Hipmikindo KBB mendukung banpres hibah dari pemerintah pusat ini. Semoga bisa menyentuh merata ke UMKM di daerah-daerah yang banyak terancam gulung tikar akibat COVID-19," pungkasnya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)