alexametrics

Jalur Kereta Api Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan Tersambung

loading...
Jalur Kereta Api Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan Tersambung
Pengecekan jalur rel KA Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan Solo dengan Lori Motor, Selasa (24/12/2019). Foto/PT KAI Daops VI Yogyakarta
A+ A-
SOLO - Dirjen Kereta Api Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri dan Direktur Keselamatan dan Keamanan PT Kereta Api (KAI) Persero, John Roberto memastikan jalur Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo dengan Stasiun Balapan Solo dipastikan sudah terhubung. Hal tersebut dilakukan setelah dilakukan inspeksi dan mengecek lintasan dengan lori motor.

“Rel sudah tersambung semua, progress sudah 97%. Tinggal pembersihan. Sudah cek sampai bandara menggunakan lori motor,” kata Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Stasiun Balapan Solo, Selasa (24/12/2019).

Namun, Eko tidak mengetahui kapan KA Bandara akan diresmikan. Yang jelas, PT KAI sendiri sudah persiapan armada sarana yang menghubungkan dari Stasiun Balapan-Bandara Adi Soemarmo Solo. Termasuk juga Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) juga telah siap.



Bahkan di Bandara NYIA sudah beroperasi full dari Stasiun Tugu Yogyakarta hingga Stasiun Wojo. Namun yang terkoneksi dengan bandara belum. Sedangkan KA Bandara Adi Soemarmo sudah langsung terkoneksi.

Meski sudah terkoneksi, namun jalur rel KA Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan masih perlu uji coba terus sebelum benar-benar dioperasikan. Kondisinya perlu dipastikan agar benar benar aman saat digunakan. “Lebih sering diujicoba, maka lebih safety,” terangnya.

Kereta bandara sudah terkoneksi setelah dilakukan penyambungan rel terakhir pada Senin (23/12/2019). Rel KA bandara yang masih baru akan dilihat kondisinya saat dilewati kereta. Tonase dan tingkat keamanannya akan dicek ketika dilewati kereta lori, lokomotif, dan kereta.

Selain penyambungan rel, terowongan, dan stasiun juga telah selesai tinggal pembersihan lintas. Berbagai perlengkapan KA, sepertinya sinyal juga telah selesai. Material material bekas proyek pembangunan kini mulai dibersihkan. Begitu pula di Stasiun Kadipiro, perlengkapannya juga telah komplet. KA Bandara jalurnya sebagian besar berada di pinggir jalan tol Trans Jawa.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak