Misteri Kedekatan Kerajaan Sunda dan Kahuripan di Masa Raja Airlangga

Minggu, 27 Oktober 2024 - 05:56 WIB
loading...
Misteri Kedekatan Kerajaan...
Patung Raja Kahuripan Airlangga. Foto/Istimewa
A A A
KERAJAAN Kahuripan di bawah kepemimpinan Raja Airlangga sempat memiliki hubungan baik dengan Sunda. Saat itu dua kerajaan ini menjadi bagian dari representasi dua wilayah di Pulau Jawa, bagian barat dan timur.

Kerajaan Sunda keberadaannya terlacak dalam sumber sejarah, baik sastra prasasti dan sastra kuno. Tapi sayang dari sejumlah prasasti di Jawa Barat sebenarnya tidak banyak menyebut nama kerajaan dengan jelas.

Prasasti tertua yang menyebut nama Sunda adalah Prasasti Rakryan Juru Pangambat berangka 932 (854 Åšaka) yang ditemukan di Desa Kebon Kopi, Bogor. Prasasti ini berbahasa Melayu Kuno.



Prasasti lain yang menyebut tentang Sunda adalah Prasasti Sang Hyang Tapak I dari 1030 (952 Saka), Prasasti Sang Hyang Tapak II 1030 (952 Saka) dan Prasasti Horren dari Jawa Timur.

Dikutip dari "Airlangga Biografi Raja Pembaru Jawa Abad XI" prasasti yang disebut terakhir ini menarik, karena diperkirakan berasal dari masa pemerintahan Raja Airlangga dan menyebut tentang satru sunda atau musuh Sunda.

Selain prasasti, naskah susastera juga banyak memberi penjelasan mengenai keberadaan Sunda, di antaranya Carita Parahiyangan, pada akhir abad ke-16 dan naskah Kanda ng Karesian 1518 (1140 Saka).

Setelah munculnya prasasti pertama yang menyebut mengenai Sunda, prasasti-prasasti lain yang memberitakan mengenai keadaan Sunda belum ditemukan. Baru kemudian ditemukan Prasasti Sang Hyang Tapak.



Prasasti beraksara Jawa Kuno ditemukan di Sukabumi. Nama raja memerintah Maharaja Sri Jayabhupati Jayamanahen Wisnumurtti Samarawijaya Sakalabhuwanamandaleswaranind Gowardhana Wikramottunggadewa dan nama daerah kekuasaannya adalah Parhajyan Sunda.

Kemiripan gelar yang disandang oleh Raja Jayabhupati dengan Raja Airlangga, bahasa dan aksara yang mirip serta mereka memerintah pada tahun yang sama, memunculkan berbagai pendapat para ahli.

Ada ahli sejarah berpendapat Raja Jayabhupati adalah bawahan Raja Airlangga karena banyak terdapat persamaan antara keduanya.Namun adapula ahli yang berpendapat justru sebaliknya, karena namajayamanahenditafsirkan sebagai peringatan kemenangan atas musuh besarnya.

Sebab Jayabhupati memerintah sezaman dengan Airlangga, maka musuh besar yang dimaksud adalah Airlangga.

Berdasarkan bahasa dan isi prasasti tersebut haruslah diakui bahwa telah terjalin hubungan antara Sunda dan Jawa Timur pada masa itu, namun belum bisa dijelaskan hubungan seperti apa.

Hubungan tersebut bisa saja seperti antara negara yang telah mengakui kedaulatan Airlangga, atau antara negara jajahan dan yang menjajah.

Sebagaimana diketahui, sejak awal memerintah Airlangga banyak melakukan peperangan untuk menaklukkan negara-negara di sekelilingnya yang baru berakhir pada 1037 (959 Saka).

Namun demikian, tak satu keterangan pun yang menyebut nama Parhajyan Sunda sebagai negara yang telah ditaklukkan.Padahal prasasti-prasasti Airlangga selalu mencatat setiap kejadian dan peperangan yang dilakukannya.

Apalagi jika memang Sunda merupakan daerah taklukkan Raja Airlangga maka Sunda tentu mendapat pengaruh dari apa yang terjadi dari negeri yang dipimpin oleh Raja Airlangga ini, sebagaimana halnya wilayah Bali yang mendapat pengaruh dari Airlangga.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)