Aktivis Kritik Cawagub Banten Dimyati yang Dinilai Rendahkan Perempuan

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 19:45 WIB
loading...
Aktivis Kritik Cawagub...
Cagub Andra Soni dan Cawagub Banten Dimyati Natakusumah (kiri) tampil saat Debat Kandidat Pilkada 2024 di Jakarta, Rabu (16/10/2024). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Aktivis kesetaraan perempuan Rinawati Prihatiningsih menyayangkan pernyataan cawagub Banten Dimyati Natakusumah dalam Debat Kandidat Pilkada 2024, Rabu (16/10/2024). Pernyataan Dimyati yang ditengarai menyerang cagub Banten Airin Rachmi Diany ini merendahkan kaum perempuan.

"Perempuan tidak seharusnya diremehkan atau dipersempit ruang geraknya hanya karena asumsi-asumsi tentang kemampuan fisik atau mental," kata Rinawati dalam keterangan, Jumat (18/10/2024).

Dalam debat itu, Dimyati melontarkan pernyataan bahwa perempuan jangan diberi beban berat. Apalagi jadi gubernur akan terasa berat dijalani oleh perempuan.

Rinawati mengatakan, kepemimpinan sejati terletak pada bagaimana seseorang bisa melayani dan membawa perubahan positif bagi masyarakat. "Dan hal itu bisa dilakukan oleh siapa pun yang memiliki kemampuan dan komitmen, terlepas dari gender," ujarnya.

Rinawati mengatakan, perempuan memiliki kapasitas dan kemampuan yang sama dengan laki-laki dalam memimpin. Termasuk sebagai gubernur.

Menurut Rina, beban dan tanggung jawab kepemimpinan bukan ditentukan oleh gender. Melainkan kompetensi, integritas, dan dedikasi seseorang. "Banyak perempuan yang telah membuktikan diri mampu memimpin di berbagai sektor, bahkan di posisi yang menuntut tanggung jawab besar," tegasnya.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)