7 Perjalanan Kereta Terganggu Akibat KA Taksaka Gambir-Jogja Tabrak Truk Melon

Rabu, 25 September 2024 - 12:34 WIB
loading...
7 Perjalanan Kereta...
Daerah Operasional 6 Yogyakarta melaporkan sebanyak tujuh perjalanan kereta api terganggu akibat KA Taksaka (KA 70) rute Stasiun Gambir-Yogyakarta menabrak truk molen. Foto/MPI
A A A
BANTUL - Daerah Operasional 6 Yogyakarta melaporkan sebanyak tujuh perjalanan kereta api terganggu akibat Kereta Api Taksaka (KA 70) rute Stasiun Gambir-Yogyakarta menabrak truk molen di perlintasan sebidang, JPL 714, Kilometer 531+000, jalur hulu antara Stasiun Sentolo-Rewulu, Rabu (25/9/2024).

Manager Humas Daerah Operasional 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro melaporkan tujuh perjalanan kereta yang mengalami keterlambatan yakni Kereta api Mataram (KA 90) rute Pasarsenen-Solo Balapan, terlambat 15 menit. KA Singasari (KA 104) rute Pasarsenen-Blitar, terlambat 24 menit. KA Bogowonto (KA Plb 136A) rute Pasarsenen-Lempuyangan, terlambat 27 menit.

Kemudian, KA Bandara ke YIA (KA 581) terlambat 24 menit. KA Bandara ke Yogyakarta (PLB 564A) terlambat 41 menit. KA Bandara ke YIA (PLB 701A) terlambat 16 menit dan KA Taksaka (KA 70), setelah evakuasi melanjutkan perjalanan ke stasiun akhir Yogyakarta mengalami kelambatan 192 menit.

Krisbiyantoro pun mengungkapkan kejadian bermula ketika sopir truk tidak mengindahkan sirene atau isyarat, bahwa kereta api akan lewat. Sehingga ia terjebak dan membuat temperan terjadi.

“Kecelakaan ini mengakibatkan terganggunya perjalanan kereta api, kerusakan pada sarana dan prasarana kereta api serta Awak Sarana Perkeretaapian mengalami cidera. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” jelasnya.

Krisbiyantoro pun menyesalkan atas kejadian tersebut. Pasalnya, telah dilakukan penindakan pelanggaran di pelintasan sebidang dilakukan serempak oleh jajaran Kepolisian di Jawa dan Sumatera bersama KAI dan stakeholder terkait lainnya.

“Ini mestinya bisa membuat para pengguna jalan lebih tertib dalam berlalu lintas,” ucapnya.

Lebih lanjut, Krisbiyantoro menambahkan Daerah Operasional 6 Yogyakarta telah melakukan tindakan cepat memastikan kondisi penumpang terlebih dahulu dan melakukan evakuasi rangkaian ke stasiun terdekat, agar dampak keterlambatan KA Taksaka dan kereta lainnya dapat diperkecil dengan memastikan keselamatan terlebih dahulu. Baca juga: 86 Pamen dan Pati Polri Dimutasi Kapolri ke Daerah, Ini Nama-namanya

“Untuk mengevakuasi rangkaian ke stasiun terdekat agar tidak mengganggu perjalanan kereta api lainnya, dengan didatangkan lokomotif penolong dari Depo Yogyakarta dan dari Stasiun Rewulu. Kondisi lokomotif dan 1 kereta eksekutif mengalami kerusakan. Selain itu, prasarana perkeretaapian gardu PJL juga mengalami kerusakan,” pungkasnya.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)