Pekan Kebudayaan Daerah Pidie Jaya Tampilkan Berbagai Lomba Permainan Tradisional

Kamis, 27 Agustus 2020 - 16:59 WIB
loading...
Pekan Kebudayaan Daerah Pidie Jaya Tampilkan Berbagai Lomba Permainan Tradisional
Pekan Kebudayaan Daerah Pidie Jaya Tampilkan Berbagai Lomba Permainan Tradisional. Foto/SINDOnews/Jam
A A A
PIDIE JAYA - Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Pidie Jaya digelar di kawasan Pantai Islami Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya , menghadirkan berbagai lomba dan tarian khas daerah tersebut, Kamis (27/8/2020).

Tanah Air indonesia memiliki berbagai ragam kebudayaan dan adat istiadatnya. Begitu juga dengan budaya Tanah Rencong Aceh yang memiliki keunikan kebudayaan yang masih dilestarikan dengan baik.

Dalam PKD Pidie Jaya kali ini dipamerkan berbagai perlombaan unik yang merupakan permainan zaman dahulu yang biasanya di mainkan oleh anak- anak Aceh, seperti lomba tarik pelepah pinang, lomba enggrang, dan lomba balap ban.

Sedangkan lomba lainnya yang ikut dipamerkan dalam kegiatan ini seperti top teupoeng mengunakan jengki, kukur kelapa, cara mengiling bumbu dapur mengunakan batu, serta cara menganyam tikar dari daun pandan hutan.

Kendati semua kegiatan kali ini berjalan meriah, peserta yang ikut dan hadir wajib mengikuti protokol kesehatan, seperti mengunakan masker, menjaga jarak, serta juga disediakan tempat mencuci tangan.

Dalam sempatan itu panitia juga ikut mensosialisasikan tentang menerapkan protokol kesehatan pada peserta bagaimana cara untuk memutuskan mata rantai virus Corona atau COVID-19 di Pidie Jaya, bahkan semua peserta terlihat patuh mengikuti arahan tersebut. (Baca juga: Buru Kelompok Bersenjata Aparat Gabungan Diserang, 2 Orang Ditangkap)

Nela Narsabila, peserta PKD Pidie Jaya mengaku sangat senang bisa mengikuti acara pekan kebudayaan daerah kali ini. (Baca juga: Ditreskoba Polda Kalbar Musnahkan Ratusan Gram Sabu Dari Malaysia)

"Acara ini membuat bertambahnya ilmu pengetahuan tentang budaya khas Tanah Rencong Aceh yang masih dilestarikan dengan baik oleh masyarakat," tandasnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)