Inovasi Energi Terbarukan untuk Budidaya Lobster Jadi Masa Depan Warga Sawarna

Rabu, 11 September 2024 - 18:41 WIB
loading...
Inovasi Energi Terbarukan...
Pembudidaya lobster dari Kampung Leles, Desa Sawarna Alit. Foto/Istimewa
A A A
LEBAK - Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten kini menjadi saksi sebuah inovasi penting yang menggabungkan teknologi energi terbarukan dengan budidaya lobster. Inisiatif ini diharapkan mendukung pembangunan ekonomi biru yang berkelanjutan.

Program ini merupakan bagian dari Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM), didanai Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kolaborasi ini melibatkan Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana dan Pascasarjana Universitas Darma Persada dengan fokus pada energi terbarukan. Tim ini dipimpin Diajeng Reztrianti, bersama Dhistianti Mei R. dan Aep Saepul Uyun yang melibatkan tiga mahasiswa.



“Tujuan kami adalah meningkatkan efisiensi produksi budidaya lobster serta memperkuat fondasi keberlanjutan lingkungan dalam praktik perikanan,” ujar Ketua Tim Pengabdi Diajeng Reztrianti dalam keterangannya, Rabu (11/9/2024).

Inovasi Energi Terbarukan untuk Budidaya Lobster Jadi Masa Depan Warga Sawarna


Untuk mendukung budidaya lobster, tim memasang solar panels 1200 Wp lengkap dengan inverter hybrid dan baterai penyimpanan 200Ah pada kolam percontohan berukuran 2,5 m x 5,40 m. Meskipun baru diluncurkan pada Agustus 2024.

Diharapkan teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi operasional dan menekan biaya produksi dalam jangka panjang.

“Kami optimistis bahwa penggunaan energi terbarukan ini membantu mengurangi biaya operasional dan meningkatkan keuntungan para pembudidaya,” tambah Dosen FE Unkris Dhistianti Mei R.

Penerapan energi terbarukan ini juga diharapkan dapat membantu para pembudidaya meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada penghasilan mereka.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)