Aksi Pembakaran Mengakibatkan 158 Rumah di Penajam Paser Utara Terbakar

Kamis, 17 Oktober 2019 - 17:19 WIB
Aksi Pembakaran Mengakibatkan 158 Rumah di Penajam Paser Utara Terbakar
Aksi Pembakaran Mengakibatkan 158 Rumah di Penajam Paser Utara Terbakar
A A A
PENAJAM - Aksi pembakaran oleh sekelompok massa di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Rabu (16/10/2019) mengakibatkan sedikitnya 158 rumah terbakar.

Jumlah tersebut belum termasuk kios dan sebuah sekolah yang ikut hangus terbakar.
Camat Penajam Pang Irwan menyebutkan, ada lebih dari 300 Kepala Keluarga terdampak kebakaran. (Baca juga: Aksi Pembakaran Terjadi di Kabupaten Penajam Paser Utara)

Saat ini korban kebakaran mengungsi ke rumah kerabat. Adapula yang dievakuasi ke posko kebakaran. (Baca juga: Kerusuhan di Penajam Paser Utara Mereda Pasca-Bupati dan Kapolda Temui Massa)

“Rumah yang terbakar tercatat ada di tiga RT. Pendataan masih kita lakukan untuk memastikan siapa saja yang jadi korban kebakaran,” kata Pang Irwan, Kamis (17/10/2019).

Untuk penanganan lebih lanjut korban kebakaran , Pang Irwan belum bisa memutuskan. Sebab setelah proses pendataan selesai, akan dilakukan rapat untuk menentukan nasib korban kebakaran.

“Kita masih pendataan dulu. Soal bagaimana kelanjutan para korban, kita akan rapatkan di Pemkab. Untuk sementara seluruh kebutuhan korban kebakaran akan kita penuhi semaksimal mungkin,” katanya. (Baca juga: Kodam VI/Mulawarman Gelar 2 SSK Pasukan, Kondisi Penajam Kondusif)

Saat ini Pemkab Penajam Paser Utara melalui BPBD dan Dinas Sosial telah mendirikan posko penanganan konflik social. Posko ini terdiri dari posko pengungsian, posko kesehatan dan dapur umum.

Sementara aparat TNI dan Polri telah mendirikan tenda-tenda darurat untuk penampungan sementara para korban kebakaran. Selain itu, Pemkab Penajam Paser Utara juga menyediakan wisma PKK sebagai posko penampungan.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5409 seconds (0.1#10.140)