Kegiatan Non-Fisik TMMD Gelar Penyuluhan Buah Kepayang Menjadi Minyak

Minggu, 13 Oktober 2019 - 21:53 WIB
Kegiatan Non-Fisik TMMD Gelar Penyuluhan Buah Kepayang Menjadi Minyak
Kegiatan Non-Fisik TMMD Gelar Penyuluhan Buah Kepayang Menjadi Minyak
A A A
SAROLANGUN - Program TMMD ke-106 Kodim 0420/Sarko melaksanakan kegiatan non-fisik yang bekerjasama dengan Dinas Pengolahan Kehutanan Sarolangun, di Desa Lubuk Jering, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi, Sabtu (12/10/19). Kegiatan tersebut yakni sosialisasi mengenai buah Kepayang (pangium edue reinw) atau buah Kluwek.

Misriadi, Kepala Pengolahan Hutan (KPH) menjelaskan buah Kepayang bisa di olah menjadi minyak. "Artinya dengan mengelolah minyak masyarakat bisa membudidayakan buah kepayang tadi, tanaman kepayang itu selain juga penghijauan dia merupakan penguat struktur ekonomi jika dikelolah dengan baik," ujar Misriadi.
Dikatakan, ada alternatif, bahwa dulunya orang biasa menggorengkan dengan minyak kelapa atau pun kelapan sawit, sekarang sudah ada alternatif buah kepayang bisa dijadikan minyak untuk mengggoreng makanan kita sehari-hari. "Dalam pengelohannya sendiri saat sekarang kita masih melakukan dengan tradisional, dengan bijinya dipecah kemudian bijinya ditumbuk atau difress keluarlah minyaknya," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5264 seconds (0.1#10.140)