Kemenag RI Apresiasi Kinerja UPZ BAZNAS dalam Tingkatkan Kesejahteraan Umat

Senin, 02 September 2024 - 19:11 WIB
loading...
Kemenag RI Apresiasi...
Kementerian Agama (Kemenag) RI mengapresiasi kinerja Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS RI yang turut membantu meningkatkan kesejahteraan umat. (Foto: dok BAZNAS)
A A A
BOGOR - Kementerian Agama (Kemenag) RI mengapresiasi kinerja Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS RI yang turut membantu meningkatkan kesejahteraan umat. Apresiasi ini disampaikan oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Kamaruddin Amin pada pembukaan Rapat Kerja (Raker) UPZ Tingkat Nasional 2024 bertema “Membangun Profesionalisme Pengelolaan Zakat di UPZ dengan Keselarasan Gerak Langkah dan Tujuan Untuk Meningkatkan Kemanfaatan Umat" yang diselenggarakan di Bogor, Senin (2/9/2024).

"Atas nama pemerintah, mewakili pak menteri, dalam hal ini mengucapkan terima kasih setulus-tulusnya dan apresiasi setinggi-tingginya kepada kita semua yang telah bekerja secara terus menerus, berikhtiar untuk meningkatkan kualitas kehidupan berbangsa bernegara di Indonesia," ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Kamaruddin Amin.

Selain itu, Kamaruddin juga mengimbau kepada seluruh UPZ untuk melakukan optimalisasi pengumpulan zakat. Di mana saat ini, UPZ masih fokus pada zakat profesi belum pada zakat tunjangan kinerja dan yang lainnya.

"Sementara potensi zakat mal, seperti zakat emas, harta kekayaan, investasi dan lain-lain belum tercover. Ini artinya bahwa potensinya masih ada yang belum tercover dan potensi ke depan akan lebih besar," ucapnya.

Kamaruddin menambahkan bahwa UPZ juga perlu memperhatikan tata kelola dan akuntabilitas.

Terakhir, melalui Raker UPZ BAZNAS Tingkat Nasional ini, Kamaruddin berharap, pengelolaan zakat lebih efektif dan efisien, serta dapat meningkatkan manfaat untuk mewujudkan kesejahteraan mustahik. Selain itu, agar dapat menanggulangi kemiskinan melalui program-program pendistribusian dan pendayagunaan yang telah disiapkan.

"Saya ucapkan selamat mudah-mudahan ini menjadi semangat baru untuk terus meningkatkan kualitas kinerja kita. Semoga apa yang kita lakukan bernilai ibadah di sisi Allah SWT," ujarnya.

Raker UPZ BAZNAS 2024 ini terdiri dari atas 142 UPZ BAZNAS, di antaranya 12 UPZ Kementerian, 32 UPZ Lembaga Negara, 44 UPZ BUMN, dan 54 UPZ Swasta.

Raker UPZ itu juga dihadiri oleh Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Perencanaan, Kajian dan Pengembangan Zainulbahar Noor, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, dan Pimpinan BAZNAS RI Bidang Keuangan dan Umum Kolonel Purnawirawan Nur Chamdani.

Hadir pula Deputi BAZNAS RI Bidang Pengumpulan Arifin Purwakananta, Deputi Pendistribusian dan Pendayagunaan M Imdadun Rahmat, Sekretaris Utama BAZNAS RI Muchlis Muhammad Hanafi, serta Direktur Pengumpulan Badan BAZNAS RI Ustaz Faisal Qosim.
(skr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1365 seconds (0.1#10.140)