alexametrics

Festival Tanjung Lesung Masuk Kalender 100 Event Nasional

loading...
Festival Tanjung Lesung Masuk Kalender 100 Event Nasional
Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya membuka secara resmi perhelatan akbar Festival Tanjung Lesung 2018 pada Jumat 27 September 2019. SINDOnews/Rasyid Ridho
A+ A-
PANDEGLANG - Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya membuka secara resmi perhelatan akbar Festival Tanjung Lesung 2018 pada Jumat 27 September 2019. Festival Tanjung Lesung akan digelar hingga Minggu (29/9/2019) di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung.

Ada dua acara utama yang disajikan, yaitu Rhino Cross Triathlon, terdiri dari lomba berenang, balap sepeda dan lari melintasi keindahan alam Tanjung Lesung serta Pasar Kolecer.

"Ajang Festival Tanjung Lesung jadi hits national trending topic di Twitter dan selain itu sudah 3 tahun berturut-turut event ini berhasil masuk dalam Kalender 100 Event Nasional," kata Arief dalam sambutannya.



Arief mengatakan, Provinsi Banten mempunyai tiga event besar yang menjadi perhatian, yakni Festival Tanjung Lesung, Seba Baduy, dan Festival Cisadane. "Pemerintah menghargai komitmen kuat masyarakat dan mendukung penuh pariwisata Banten yang telah pulih dan bangkit setelah peristiwa bencana tsunami Desember 2018 lalu," ujarnya.

Dia optimistis, dengan adanya akses dan konektivitas Tanjung Lesung akan semakin baik dengan hadirnya jalan tol baru Serang – Panimbang yang diperkirakan siap pada 2022. "Bila terwujud, maka hanya dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk perjalanan Jakarta – Tanjung Lesung," tandasnya.

Direktur Utama PT. Banten West Java sebagai pengelola KEK Tanjung Lesung Poernomo Siswoprasetijo mengatakan, festival Tanjung Lesung tahun ini sangat spesial karena adanya tiga destinasi wisata baru yang diresmikan. Salah satu destinasi tersebut, adalah Rumah Wisata Ladda Bay Village. Ladda Bay Development merupakan proyek unggulan di kawasan yang sedang berkembang yaitu Bayside District.

”Secara tata ruang dan dampak sosial ekonominya, diproyeksikan menjadi titik pertumbuhan ekonomi berbasis pariwisata di kawasan ini. Dengan adanya fasilitas insfrastruktur yang memadai dan fungsi mix use resort developmentyang diterapkan," katanya.

Pada FTL 2019, selain Rhino Cross Triathlon dan Mountain Bike Cross Country Marathon. Salah satu yang utama adalah Pasar Kolecer yang menampilkan berbagai karya industri kreatif Pandeglang yang dikemas menjadi daya tarik utama acara ini.

Ajang Pasar Kolecer menghadirkan Pasar Kuliner, Pasar Kriya, Pasar Tani, Fish Food Market, Pentas Musik, Pergelaran Seni, Festival Kolecer dan Festival Peteng, yaitu layang-layang khas Banten yang memiliki aneka bentuk nan elok.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak