5 Fakta Aksi Demo di Semarang Kawal Putusan MK yang Berakhir Ricuh

Selasa, 27 Agustus 2024 - 17:18 WIB
loading...
5 Fakta Aksi Demo di...
Aksi demo di Semarang untuk mengawal putusan MK soal Pilkada berakhir ricuh. Hasilnya, puluhan orang terluka dan harus dilarikan ke rumah sakit, pada Senin (26/8/2024) malam. Foto/Eka Setiawan
A A A
SEMARANG - AKSI demo di Semarang untuk mengawal putusan MK soal Pilkada berakhir ricuh. Puluhan orang terluka dan harus dilarikan ke rumah sakit, pada Senin (26/8/2024) malam.

Ribuan mahasiswa dari berbagai universitas di Semarang melakukan aksi demonstrasi di depan Balai Kota Semarang. Tujuannya tak lain untuk mengawal putusan MK dan RUU Pilkada.



Awalnya, jalannya demonstrasi dijadwalkan digelar di depan kantor DPRD Jawa Tengah, yakni Jalan Pahlawan, Kota Semarang.



Namun, massa kemudian berkonvoi menggunakan sepeda motor dan beralih ke Balai Kota Semarang. Lebih jauh, berikut ini sejumlah faktanya yang bisa diketahui.

Fakta Aksi Demo di Semarang Kawal Putusan MK

1. Tuntutan demo


Demo kawal putusan MK di Semarang diikuti berbagai elemen, termasuk mahasiswa dan pelajar. Pada aksinya, massa yang hadir menyampaikan beberapa tuntutannya.



Tercatat, setidaknya ada empat tuntutan yang disampaikan saat demo tersebut. Masing-masing adalah mengawal PKPU Pilkada, menolak revisi UU TNI/Polri, pengesahan UU Perampasan Aset hingga meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun dari jabatannya.

2. Massa bergeser menuju Balai Kota


Sebelumnya, aksi demonstrasi diperkirakan berlangsung di depan kantor DPRD Jateng yang berada di Jalan Pahlawan. Sebagai persiapan, pengamanan termasuk kawat berduri telah dipasang.

Namun, rencana awal aksi di Jalan Pahlawan berubah. Massa yang hadir bergerak ke Jalan Pemuda, tepat di depan Balai Kota Semarang.

Alhasil, petugas kepolisian yang sempat berjaga di kantor DPRD Jateng juga beralih.

3. Situasi mulai memanas ketika pelajar SMK datang


Sore hari menjelang waktu maghrib, massa pengunjuk rasa bertambah dengan kedatangan pelajar SMK/STM. Alhasil, situasi juga mulai memanas.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)