Dorong Kesejahteraan Mustahik, Baznas RI dan UPZ Yayasan Amaliah Astra Gelar Pelatihan Teknisi AC

Selasa, 20 Agustus 2024 - 19:13 WIB
loading...
Dorong Kesejahteraan...
Baznas RI bekerja sama dengan UPZ Yayasan Amaliah Astra dan DKM Masjid Raya Al Insan menyelenggarakan pelatihan teknisi air conditioner (AC) atau pendingin ruangan batch ke-62
A A A
JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas ) RI bekerja sama dengan UPZ Yayasan Amaliah Astra dan DKM Masjid Raya Al Insan menyelenggarakan pelatihan teknisi air conditioner (AC) atau pendingin ruangan batch ke-62 sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi mustahik.

Pembukaan pelatihan teknisi AC batch ke-62 yang diikuti sebanyak 30 peserta ini, digelar di Masjid Al Insan Patal Senayan, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (19/8/2024).

Turut hadir Deputi 2 Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas RI M. Imdadun Rahmat, Kepala UPZ Yayasan Amaliah Astra Ganjar Gumilar, Kepala UPZ Masjid Raya Al Insan Ari Kuncoro serta 30 peserta pelatihan teknisi AC batch ke-62.

Dalam sambutannya Deputi 2 Baznas RI M. Imdadun Rahmat mengatakan, kerja sama Baznas dengan UPZ Yayasan Amaliah Astra dalam pelatihan teknisi AC merupakan sinergi yang sangat positif.

Menurutnya, melalui sinergi ini, Baznas bersama UPZ Yayasan Amaliah Astra bisa bersama-sama memperluas jangkauan program pemberdayaan ekonomi mustahik sehingga akan lebih banyak mustahik yang bisa merasakan manfaatnya.

"Di beberapa wilayah khususnya di Jabodetabek kebutuhan akan AC sangatlah tinggi sehingga tenaga ahli untuk perbaikan dan perawatannya sangat dibutuhkan. Pelatihan Perbaikan dan Perawatan AC bagi mustahik ini, termasuk pemuda belum memiliki pekerjaan, menjadi langkah tepat untuk mengasah keterampilan yang bersertifikasi dan membuka peluang kerja baru, sekaligus menyediakan kebutuhan masyarakat akan teknisi AC yang handal," tutur Imdadun.

Imdadun menjelaskan, program ini termasuk dalam kategori pemberdayaan ekonomi dalam bidang pelatihan vokasi berupa pelatihan Teknisi AC yang difokuskan pada pelatihan (training), perbaikan (service), pemasangan (instalation) dan perawatan (maintenance) yang berlangsung selama delapan hari.

Lebih lanjut, Imdadun mengungkapkan, program pelatihan teknisi AC merupakan salah satu ikhtiar Baznas dalam memanfaatkan dana zakat untuk membantu masyarakat mendapatkan lapangan pekerjaan dan menyejahterakan mustahik.

Imdadun berharap, ke depannya, para peserta pelatihan yang telah dibekali keterampilan ini akan mampu menjadi muzaki, yang dapat berkontribusi kembali kepada masyarakat melalui zakat.

"Alhamdulilah saat ini Baznas bisa bersama dengan UPZ Yayasan Amaliah Astra menyelenggarakan pelatihan teknisi AC ini. Kerja sama ini merupakan langkah strategis Baznas dalam mendukung program pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran, mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya Manusia," ujar Imdadun.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)