Menakar Peluang Repol-Ardo di Pilkada Kampar 2024

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 22:20 WIB
loading...
Menakar Peluang Repol-Ardo...
Ketua DPD Golkar Kampar, Repol (kiri) dan Ketua DPD Demokrat Kampar, Rahmat Jevari Juniardo (kanan) saat menerima SK Golkar untuk berpasangan di Pilkada Kampar. Foto/Ist
A A A
KAMPAR - Sejumlah kandidat Pilkada Kabupaten Kampar 2024 mulai muncul dengan klaim basis masing-masing. Dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 600 ribu lebih, Kabupaten Kampar menjadi salah satu lumbung suara potensial dalam peta politik Provinsi Riau 2024 ini.

Sehingga bakal terjadi tarik menarik dalam arah koalisi partai-partai maupun tokoh-tokoh politik baik di Riau maupun di Kampar sendiri.



Salah satu tokoh yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kampar adalah Rahmat Jevary Juniardo atau akrab di sapa Bung Ardo, putra mantan Bupati Kampar 2 periode, Jefry Noer.



Pengamat politik Riau, Tito Handoko melihat dinamika politik yang terjadi di Kampar sangat unik dan rumit. Dia menyebut bahwa bagi tokoh politik, bila ingin membangun koalisi menghadapi Pilkada Kampar seharusnya mempertimbangkan aspek keterwakilan dari suku-suku yang ada.

Kampar terdiri dari bermacam-macam suku dan terbagi oleh beberapa wilayah. Masing-masing suku maupun wilayah memiliki arah dukungan politik sendiri-sendiri berdasarkan kepentingan mereka masing-masing.



Adapun suku besar di Kampar yaitu suku Ocu atau suku asli secara persentase berkisar 40 persen. Kemudian suku Jawa 33 persen, lalu ada suku Minang 17 persen, 8 persen suku Batak, dan 2 persen untuk suku lain-lain.

"Idealnya kandidat dari Suku Ocu diduetkan dengan Suku Jawa. Harus ada kombinasi representasi keterwakilan suku bila ingin membangun koalisi yang kuat dengan peluang kemenangan cukup besar," kata Tito Handoko, Sabtu (17/8/2024).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2071 seconds (0.1#10.140)