Profil Yudian Wahyudi, Kepala BPIP yang Larang Paskibraka Putri Berjilbab saat Bertugas

Kamis, 15 Agustus 2024 - 12:10 WIB
loading...
Profil Yudian Wahyudi,...
Kepala BPIP Yudian Wahyudi mendapat banyak sorotan terkait kebijakan Paskibraka putri tak diperkenankan memakai jilbab di momen pengukuhan tahun 2024. Foto/Ist
A A A
YOGYAKARTA - SOSOK Yudian Wahyudi yang menjabat sebagai Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) mendapat banyak sorotan terkait kebijakan Paskibraka putri tak diperkenankan memakai jilbab di momen pengukuhan tahun 2024.

Pada acara pengukuhan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diadakan pada 13 Agustus 2024, tercatat ada 18 dari 76 anggota Paskibraka 2024 yang melepas jilbabnya. Setelah dikukuhkan, para paskibraka ini nanti akan bertugas di istana.



Dari situ muncullah dugaan jika terdapat aturan yang membuat Paskibraka putri melepas jilbabnya ketika acara pengukuhan. Hal tersebut diakui oleh Yudian Wahyudi selaku Kepala BPIP.



Yudian sempat menjelaskan jika penampilan Paskibraka putri telah disepakati sejak awal dan mereka yang ikut pengukuhan berarti telah sukarela dan mengikuti aturan yang ada. Di luar acara itu, Paskibraka dibebaskan mengenakan jilbab.

Larangan mengenakan jilbab pada Paskibraka saat bertugas ini lantas timbulkan kontroversi dari berbagai pihak. Salah satunya adalah Waketum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menilai hal itu melecehkan konstitusi.

Profil Yudian Wahyudi:


Yudian Wahyudi yang lahir pada 17 April 1960 di Balikpapan, Kalimantan Timur. Ia adalah lulusan Pondok Pesantren Tremas, Pacitan 1978 dan Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak, Yogyakarta pada 1979.



Yudian juga telah meraih gelar Bachelor of Art (BA) dan doktorandus di Fakultas Syariah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 1982 dan 1987, serta BA dari Fakultas Filsafat UGM pada 1986.

Dari sisi akademisi, Yudian sempat mengikuti dan terpilih dalam program Pembibitan Calon Dosen IAIN se-Indonesia yang dicanangkan Menteri Agama Munawir Sjadzali di tahun 1988.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2200 seconds (0.1#10.140)