Pengamat: Batalnya Deklarasi Airin-Ade Menguatkan Rumor Pencalonan yang Tak Pasti

Rabu, 14 Agustus 2024 - 16:46 WIB
loading...
Pengamat: Batalnya Deklarasi...
Pengamat Politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Teguh Aris Munandar. Foto/Istimewa
A A A
SERANG - Deklarasi pasangan Airin Racmi Diany dan Ade Sumardi sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten batal digelar. Rencananya, deklarasi politisi Golkar dan PDIP itu diselenggarakan pada Rabu (14/8/2024).

Pengamat Politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Teguh Aris Munandar menyebut, batalnya deklarasi Airin dan Ade Sumardi yang sedianya akan dilaksanakan pada Rabu, 14 Agustus 2024, menguatkan rumor pencalonanan yang tidak pasti.

"Sampai saat ini belum adanya kepastian rekomendasi dari Golkar menjadi salah-satu penyebab batalnya deklarasi. Deklarasi yang batal digelar Airin-Ade pada 14 Agustus ini menjadi indikasi kuat tidak pastinya pencalonannya pada Pilkada Banten ini," katanya, pada Rabu, (14/8/2024).



Teguh juga menambahkan, terdapat tanda–tanda ketegangan dalam internal Partai Golkar terkait pencalonan Airin di Pikada Banten, pasca mundurnya Airlangga Hartanto sebagai Ketua Umum Partai Golkar yang pasti akan berdampak pada arah kebijakan partai.

"Termasuk juga pada rekomendasi partai yang menentukan Airin apakah tetap maju yang sama artinya dengan berlawanan dengan KIM di Banten atau akan bergabung dengan Koalisi Banten Maju dengan mendukung Andra Soni–Dimyati," ungkapnya.

"Tubuh Partai Golkar yang mengalami goncangan pasca mundurnya Airlangga tentu akan berdampak pada pencalonan Airin di Banten, mengingat rekomendasi yang belum turun dari Golkar yang hari ini akan berganti kepemimpinan,” paparnya.

“Tentu juga dalam hal ini kebijakan, pertanyaannya kemudian apakah Golkar akan bergabung mendukung Andra Soni-Dimyati atau tetap akan melawan KIM di Banten,” sambungnya.



Dalam politik, masa depan sering kali sulit diprediksi dengan pasti. Namun, dengan menganalisis berbagai skenario yang mungkin terjadi pascagagalnya deklarasi Airin-Ade Sumardi.

Hal itu dapat dilihat bahwa masa depan Golkar di Banten yang sebelumnya selalu berjaya dari Pilkada ke Pilkada kini berada di persimpangan jalan yang sangat krusial.

"Keputusan yang diambil oleh para elite partai dalam beberapa bulan ke depan akan sangat menentukan apakah Golkar tetap menjadi salah satu kekuatan utama di panggung politik Banten, atau justru terpinggirkan oleh dinamika internal dan eksternal," katanya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)