Fasha: Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI

Rabu, 21 Agustus 2019 - 11:55 WIB
Fasha: Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI
Fasha: Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI
A A A
JAMBI - Pemerintah Kota Jambi dan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Jambi melaksanakan Apel Besar Peringatan ke-58 Hari Pramuka Indonesia tahun 2019, yang dipusatkan di Lapangan Utama Balaikota Jambi, Selasa (20/8/2019).

Upacara yang berlangsung khidmat dan meriah tersebut dihadiri ribuan Pramuka Penggalang SD, Penggalang SMP, Penegak Bantara, Penegak Pandega, Pembina, Kamabigus, Kamabiran, Kakwaran dan seluruh Pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Jambi dan unsur Satuan Karya Pramuka (Saka) Kota Jambi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Jambi. Dalam amanatnya Wali Kota Fasha membacakan sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka.

Mengusung tema besar "Bersama Segenap Komonen Bangsa, Gerakan Pramuaka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI", Wali Kota Fasha mengajak seluruh komponen dan segenap lapisan masyarakat untuk kembali menyatukan rasa kebangsaan dan merajut persatuan terutama melalui tangan terampil generasi Pramuka.

Ajakan tersebut menurut Fasha hadir karena keprihatinan dirinya akan berbagai permasalahan yang dewasa ini cenderung mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara dan bangsa Indonesia. Seperti, merebaknya korupsi, kolusi dan nepotisme, radikalisme, terorisme serta maraknya penyalahgunaan narkoba dikalangan generasi muda.

"Saya mengajak segenap pengurus kwartir, para pelatih dan pembina, serta semua anggota Pramuka senantiasa menjadi pelopor dalam menanamkan nilai-nilai anti kejahatan dan selalu menyerukan rasa persatuan serta nasionalisme,” sebut Fasha.

Pada kesempatan peringatan hari Pramuka ini pula Wali Kota Fasha juga mengangkat isu kepedulian lingkungan. Dirinya meminta kepada seluruh anggota Pramuka di Kota Jambi, untuk senantiasa menanamkan sikap dan rasa peduli akan kelestarian lingkungan yang bukan hanya sekadar formalitas dan seremonial belaka. Melainkan menjadi sikap dan gaya hidup serta menjadi standar berprilaku yang wajib dipedomani oleh setiap anggota Pramuka.

“Diharapkan berkembangnya hardskill bagi segenap anggota Pramuka, setiap saat dapat melakukan aksi nyata, perang melawan sampah plastik. Saya minta sejak saat ini juga, dalam kegiatan Pramuka, mulai dari Kwartir Nasional sampai Gugus Depan, bahkan kegiatan pribadi anggota Pramuka kapan pun dan di mana pun berada marilah kita menolak penggunaan barang-barang yang berbahaya bagi lingkungan,” tegas Fasha.

Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan dan pembentukan karakter generasi muda penerus bangsa senantiasa mendapat tempat istimewa di Kota Jambi. Komitmen untuk terus menjadikan gerakan Pramuka sebagai pemacu motivasi dan wadah berkreasi secara positif, terus di galakkan oleh Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha dalam kepemimpinannya membangun Kota Jambi.

Pemkot Jambi terbukti sangat 'concern' dan memiliki komitmen terhadap kemajuan dan eksistensi gerakan Pramuka di Kota Jambi. Sejak tahun 2014 hingga saat ini selalu konsisten mengalokasikan dana APBD yang cukup besar untuk gerakan Pramuka Kota Jambi. Bahkan alokasi anggaran Pemkot Jambi untuk kegiatan kepramukaan terbesar di Provinsi Jambi.

Yang paling membanggakan, Kota Jambi adalah satu-satunya daerah di Indonesia yang memiliki produk hukum, Peraturan Daerah yang khusus mengatur tentang Gerakan Pramuka di Kota Jambi.

Dedikasi dan komitmen Wali Kota Fasha dalam memajukan gerakan kepanduan di Kota Jambi telah diakui dan mendapat beragam apresiasi. Atas jasa dan dedikasinya, Wali Kota Jambi itu telah menerima Lencana Dharma Bhakti Bidang Pramuka pada tahun 2015 dan Lencana Melati Emas Pramuka pada tahun 2016.

Bahkan pada peringatan hari Pramuka tahun ini, Wali Kota Fasha kembali mendapatkan penghargaan dari Kwarnas Pramuka, yaitu Satyawira Utama. Penyematan dilakukan oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi, Sudirman.

Apel Besar ke-58 Hari Pramuka di Kota Jambi itu juga diisi dengan kegiatan penyerahan Lencana Jasa Kepramukaan kepada Ketua Kwaran, Kamabigus, pembina, pengurus, serta sekolah berprestasi dalam menggalakkan kegiatan kepramukaan di Kota Jambi. Selain itu juga dilaksanakan penyerahan piala lomba kepramukaan tingkat Kota Jambi yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Upacara kali ini juga diliputi dengan keprihatinan Kota Jambi yang tengah dilanda kabut asap. Oleh karenanya, dalam rangkaian upacara tersebut, Wali Kota Fasha beserta jajaran Forkompimda dan pengurus Pramuka juga secara simbolis memasangkan masker kepada peserta upacara.

Apel besar tersebut juga tampak makin semarak dengan hadirnya berbagai penampilan dan atraksi seru yang dipersembahkan oleh berbagai Kwartir Ranting Pramuka di Kota Jambi. Seperti penampilan polisi cilik (Pocil) Kota Jambi binaan Polri, semaphore, morse dan keterampilan tali temali membentuk menara yang terbuat dari bambu.

Wali Kota Syarif Fasha bersama tamu undangan lainpun tampak sangat antusias dan selalu memberikan tepuk tangan akan penampilan berbagai atraksi tersebut.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8496 seconds (0.1#10.140)