Pilkada 2024, Laksamana Muda TNI Abdul Rivai Ras Diyakini Ideal Pimpin Sulsel

Selasa, 06 Agustus 2024 - 11:13 WIB
loading...
Pilkada 2024, Laksamana...
Laksamana Muda TNI Abdul Rivai Ras yang akrab disapa Bro Rivai. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pertarungan politik di Pilkada Gubernur Sulsel 2024 mulai ramai lantaran terdapat sejumlah tokoh ternama bakal maju ke Pilgub Sulsel tersebut. Namun, masih ada 4 parpol yang hingga saat ini belum memutuskan siapa sosok yang bakal usungannya.

Parpol tersebut yakni Partai Golkar (14 kursi), PKS (7 kursi), Partai Gerindra (13 kursi), dan Partai Hanura (1 kursi).

Salah satu nama yang menjadi perbincangan untuk bisa maju ke Pilkada Sulsel 2024 dan memiliki potensi diusung parpol tersisa yang belum menentukan usungannya itu adalah Laksamana Muda TNI Abdul Rivai Ras yang akrab disapa Bro Rivai.



Perwira Tinggi TNI AL aktif bintang dua yang itu merupakan sosok putra bugis Sulsel asal Bone yang secara geopolitik sangat ideal. Pendiri Universitas Pertahanan RI itu menjadi perbicangan sebagai calon alternatif dan poros ketiga dalam kompetisi Pilgub Sulsel.

Apalagi, Bro Rivai memiliki kapasitas sebagai perwira tinggi militer aktif, berpengalaman dalam birokrasi di pemerintahan, memiliki nasionalisme tidak diragukan, dikenal sosok santri yang pernah mengenyam pendidikan di pesantren serta memiliki kedekatan dengan tokoh agama.

Jika koalisi Gerindra, Golkar dan PKS menjatuhkan pilihan dan mengusung satu pasangan calon dan akan tercipta tiga poros dan bakal menjadi Kuda Hitam dalam Pilkada Gubernur Sulsel. Dinamika ini akan memberi efek elektoral tinggi bagi Bro Rivai.

Tokoh masyarakat Sulsel yang juga mantan Rektor Unhas, Prof Idrus Paturusi mengatakan, sosok Bro Rivai salah satu figur yang tepat memimpin Sulsel karena dengan latar belakang militer angkatan laut, tentu sangat mengenal wilayah maritim yang dominan di Sulsel.



“Makin banyak pilihan tentu sangat bagus bagi masyarakat, guna memilih pemimpin di Pilgub Sulsel mendatang. Yang penting jangan ada kotak kosong,” kata Prof Idrus Paturusi, Selasa (6/8/2024).

Direktur Eksekutif FIXPOLL Indonesia, Mohammad Anas RA menambahkan, Bro Rivai merupakan sosok yang dapat diterima semua golongan di daerah tersebut. Sehingga, mudah dalam menyelesaikan persoalan yang akan muncul ke depan.

Bro Rivai memiliki bobot yang kualifikasinya memenuhi syarat kultural kepemimpinan masyarakat Sulsel, yang mana kualifikasi dimaksud kepemimpinan tegas dan berani yang terbentuk dari lingkungan kerjanya di institusi militer.

”Beliau putra daerah yang memahami iklim politik lokal, sehingga bisa melakukan tindakan dan kebijakan yang strategis untuk menciptakan suasana aman dan tenteram dan melakukan Sulsel ke depan,” katanya.

Dia menambahkan, mantan Staf Ahli Panglima TNI tersebut merupakan sosok manusia three in one, yakni akademisi, militer, dan aktivis.

“Kita berharap ada pembangunan yang berkelanjutan. Nah, dibutuhkan sosok Bro Rivai memimpin Sulsel ke depan. Saya rasa beliau mampu menyelesaikan program pembangunan yang belum tuntas. Sosoknya diterima semua golongan. Itu ada pada diri Bro Rivai,” katanya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)