Gunung Ciremai Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup

Kamis, 08 Agustus 2019 - 11:46 WIB
Gunung Ciremai Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup
Gunung Ciremai Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup
A A A
KUNINGAN - Kebakaran hutan terjadi di Gunung Ciremai pada ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut, tepat di Sanghiang Ropoh Simpang Apuy perbatasan Kabupaten Kuningan dan Majalengka. Seluruh pos pendakian Gunung Ciremai ditutup sementara untuk menghindari korban jiwa.

Kepulan asap terlihat dari pos pendakian Palutungan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Kamis (8/8/2019) siang. Kobaran api di Gunung Ciremai sudah terlihat sejak Rabu 7 Agustus 2019 siang dan sampai saat ini terus dilakukan pemadaman oleh petugas. Angin kencang serta lokasi yang sulit membuat petugas kesulitan memadamkan api.

Untuk mengantisipasi adanya korban jiwa seluruh pos pendakian ditutup, seperti Pos Pendakian Palutungan, Pos Pendakian Linggarjati, dan Linggasana. Sejumlah relawan dari pos pendakian diturunkan untuk membantu memadamkan api di puncak Gunung Ciremai.

Menurut Ketua Pos Pendakian Gunung Ciremai Palutunga Endun Abdulah mengatakan, titik api berasal dari wilayah Simpang Apuy Majalengka dan saat ini menjalar ke wilayah Kuningan. Sampai saat ini belum diketahui penyebab terbakarnya Gunung Ciremai dan juga belum diketahui berapa luas hutan yang terbakar.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3720 seconds (0.1#10.140)