alexametrics

Ganjar Pranowo Lantik 30 Agen Antikorupsi Milenial

loading...
Ganjar Pranowo Lantik 30 Agen Antikorupsi Milenial
30 Agen Antikorupsi milenial dilantik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto/Istimewa
A+ A-
SALATIGA - 30 Agen Antikorupsi milenial dilantik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Agenda dadakan itu sempat mengagetkan para peserta karena tak menyangka dilantik langsung gubernur.

Jonathan mengaku awalnya cuma iseng mendaftar pelatihan antikorupsi yang diselenggarakan KPK. Tak pernah terbayang jika kemudian malah dilantik langsung oleh Gubernur menjadi agen pemberantasan korupsi Jawa Tengah.

Jonathan merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Pengetahuannya yang dia terima di kelas, mendorongnya untuk ikut mendaftar pelatihan antikorupsi yang diselenggarakan KPK selama dua hari, Sabtu-Minggu, 27-28 Juli 2019 di kampusnya.



"Kaget, soalnya ini tidak direncanakan. Tapi memang benar begitu karena kalau hanya berteori tanpa praktek maka nonsen. Harus bisa memberikan perubahan pada bangsa untuk lebih baik. Sekecil apa pun yang saya bisa lakukan, akan saya lakukan," katanya.

Dengan pelatihan antikorupsi selama dua hari itu, generasi milenial mampu meningkatkan partisipasi masyarakat agar berani melaporkan praktik korupsi. Ganjar mengatakan, agen Antikorupsi Jateng tersebut untuk memperkuat rantai-rantai pencegahan korupsi di Jawa Tengah.

"Ini menarik karena yang melakukan mahasiswa. Di era yang millenial ini merekalah yang akan memenuhi di ruang medsos yang saya yakin akan menular pada sikap," kata Ganjar.

Apalagi sikap dasar mahasiswa, kata Ganjar adalah pemberontak terhadap ketidakberesan. Keberanian mahasiswa dan sikap kritisnya itulah yang jadi modal besar gerakan agen ini. "Saya rasa ini harus ditiru kampus-kampus lain. KPK punya banyak program untuk itu," katanya.

Terlebih di Jawa Tengah, kata Ganjar saat ini sedang diterapkan pendidikan antikorupsi di sekolah-sekolah. Setidaknya ada 23 SMA dan SMK yang dijadikan percontohan penerapan kurikulum antikorupsi.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak