Elektabilitas Tertinggi, Golkar Berpotensi Usung Anwar Hafid di Sulteng

Jum'at, 26 Juli 2024 - 14:07 WIB
loading...
Elektabilitas Tertinggi,...
Tingginya elektabilitas tinggi cagub Sulteng Anwar Hafid membuat Partai Golkar berpotensi mengusungnya pada Pilkada 2024. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PALU - Tingginya elektabilitas tinggi cagub Sulawesi Tengah (Sulteng) Anwar Hafid membuat Partai Golkar berpotensi mengusungnya pada Pilkada 2024 . Dukungan ini semakin kuat usai Golkar mengungkapkan hasil survei internal untuk Pilgub Sulteng.

"Saya kira (elektabilitas) itu menjadi alasan juga untuk Golkar lebih cenderung kepada mengusung Anwar Hafid di Sulawesi Tengah," kata Pengamat Politik UIN Alauddin Makassar, Febriyanto Syam, Jumat (26/7/2024).

Dalam data internal Partai Golkar , Anwar Hafid berada pada posisi teratas dengan elektabilitas mengalahkan lima pesaingnya. Anwar Hafid meraih 16,70%, disusul Hidayat Lamakarate (15,38%), Ahmad Ali (13,95%), Rusdi Mastura (7,43%), Iwan Lapata (2,75%), dan Arus Abdul Karim (0,31%).

Febri mengatakan, arah dukungan Golkar kepada Anwar Hafid karena ada kedekatan di antara keduanya. Diketahui, Golkar dan Partai Demokrat merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung presiden terpilih Prabowo Subianto. Anwar Hafid juga bagian dari Tim Kampanye Daerah (TKD) Sulteng.

Tingginya elektabilitas Anwar Hafid tidak hanya berasal dari data survei internal Golkar. Survei Populi Center periode 27 Juni - 3 Juli 2024 memperlihatkan Anwar Hafid berpasangan dengan cawagub Reny Lamadjido berada pada posisi teratas. Anwar-Reny unggul dengan 41,4%, sementara pada posisi kedua dihuni Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri (39,9%).

Angka yang diperoleh dalam dua hasil survei tersebut mencerminkan kepercayaan masyarakat kepada Anwar Hafid. Secara langsung, kegiatan-kegiatan yang dilakukan Anwar Hafid dengan berdekatan langsung dengan rakyat membuat rakyat figur pemimpin yang mereka butuhkan.

"Faktor-faktor yang mungkin menyebabkan (elektabilitas tinggi) dari Anwar Hafid karena hal-hal yang sifatnya yang langsung bersentuhan langsung dengan masyarakat. Jadi itu menyebabkan juga mengapa sampai tingkat popularitasnya tinggi di hasil survei," tandasnya.

Tidak hanya itu, Anwar Hafid juga didukung program-program pembangunan yang realistis dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Janjinya untuk meningkatkan infrastruktur, pendidikan, dan kesejahteraan sosial menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemilih.

Secara keseluruhan, keberhasilan Anwar Hafid dalam meraih dukungan dan elektabilitas tinggi merupakan cerminan dari kerja keras dan komitmennya untuk masyarakat Sulteng. Sebagai kandidat potensial, ia diharapkan mampu membawa perubahan positif dan kemajuan bagi Sulawesi Tengah.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2167 seconds (0.1#10.140)