Viral Mobil Sri Sultan HB X Meluncur di Jalan Raya Tanpa Pengawalan

Rabu, 24 Juli 2024 - 18:00 WIB
loading...
Viral Mobil Sri Sultan...
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sekaligus Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X kembali viral di media sosial. Foto/Tangkapan Layar
A A A
YOGYAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sekaligus Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X kembali viral di media sosial. Dalam video yang beredar, mobil dinas yang ditumpangi Sri Sultan HB X melaju di jalan raya tanpa pengawalan layaknya pejabat lainnya.

Bahkan saat lampu APILL menunjukkan isyarat merah, mobil berpelat nomor polisi AB 1 tersebut juga berhenti dan antre layaknya kendaraan lain pada umumnya. Mobil dinas ini juga memberi kesempatan kepada kendaraan lain yang ingin merangsek ke depan.

Video tersebut diunggah akun X @heraloebss tersebut viral dan mengundang berbagai komentar dari warganet. Sebagian besar warganet memuji sikap Ngarso Dalem (panggilan Sultan) yang tak ingin diistimewakan.



Dalam video tersebut terlihat mobil sedan warna hitam dengan pelat merah bernomor polisi AB 1 melaju di jalan yang agak lebar. Tampak mobil tersebut baru saja keluar dari Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta melalui pintu selatan.

Mobil melaju tanpa pengawalan di Jalan Suryadiningratan ke arah timur. Koordinator Substansi Bagian Humas Biro Umum, Humas dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji menjelaskan memang Sultan sendiri yang meminta agar tak ada pengawalan.

Hal tersebut sudah dilakukan Ngarso Dalem sejak lama. “Beliau ga berkenan dikawal kecuali bener-bener urgent," katanya, Rabu (24/7/2024)

Ditya menyebut jika Gubernur memang dalam keseharian tidak pernah menggunakan pengawalan. Tak hanya itu, bahkan dalam kunjungannya ke Kabupaten-Kota juga sering tidak menggunakan pengawalan.



Hal itu merupakan permintaan langsung Gubernur. Jadi pihaknya jarang menyiapkan pengawalan ketika hendak menghadiri kegiatan kecuali jika dalam keadaan urgent.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2112 seconds (0.1#10.140)