Ribuan Tamu Undangan Siap Hadiri Perayaan HUT ke-79 RI di IKN, Pengamanan Diperketat

Selasa, 23 Juli 2024 - 20:39 WIB
loading...
Ribuan Tamu Undangan...
Upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal dihadiri oleh 1.380 orang tamu undangan. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
BALIKAPAPAN - Upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) semakin dekat. Kurang dari tiga pekan lagi, perhelatan akbar ini akan dihadiri oleh 1.380 orang tamu undangan.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) dan Polda Kaltim terus bersinergi dalam mempersiapkan segala aspek kegiatan, termasuk pengamanan. Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi yang digelar pada Senin (22/7/2024).

"Khusus untuk pengamanan, Polda Kaltim bersama Kodam VI Mulawarman akan mengerahkan personel untuk mengawal transportasi tamu undangan," jelas Kepala Biro Operasi Polda Kaltim Kombes Pol Dedi Suryadi.

Pengamanan ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan ketertiban selama perhelatan berlangsung. Dedi menambahkan, rute yang akan dilalui tamu undangan telah dipetakan dengan matang dan akan dijaga ketat oleh personel gabungan.



Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Kaltim, AKBP Mohammad Roni Mustofa, menjelaskan detail rute yang akan dilalui tamu undangan. Tamu VIP, VVIP, dan undangan lainnya akan melewati Jalan Tol IKN Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung, Jembatan Pulau Balang, Simpang Rico, Simpang Pemaluan, dan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat.

Untuk mengantisipasi kepadatan di beberapa titik rawan, Polda Kaltim akan memecah jumlah personel pengamanan. Personel dari Kepolisian Lalu Lintas, Sabhara, dan Dinas Perhubungan akan bersiaga di lokasi-lokasi tersebut.

Sementara itu, masyarakat umum yang ingin menyaksikan upacara dapat mengikuti arahan dari Pemprov Kaltim. Mereka akan diarahkan ke titik-titik tertentu yang telah ditentukan. Pembatasan kendaraan roda empat dan roda enam juga akan diberlakukan mulai H-3 jelang 17 Agustus 2024.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)