Miris! SD Negeri di Kota Malang Cuma Dapat 1 Siswa Baru

Kamis, 11 Juli 2024 - 17:09 WIB
loading...
Miris! SD Negeri di...
SDN Jatimulyo 4 Kota Malang, Jawa Timur, hanya dapatkan satu siswa baru di PPDB tahun 2024. Foto/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Ratusan sekolah dasar negeri di Kota Malang tak mendapatkan siswa sesuai kuota pagu di PPDB tahun 2024 . Dari ratusan sekolah itu satu di antaranya yakni SDN Jatimulyo 4.

Sekolah yang berlokasi di Jalan Simbar Menjangan, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang ini hanya menerima satu siswa dari PPDB di tahun ajaran 2024 - 2025. Padahal sebelum-sebelumnya SDN Jatimulyo 4 tak pernah kesulitan mencari siswa baru.

Plt Kepala SD Negeri Jatimulyo 4 Nur Faidah membenarkan sekolahnya kesulitan mendapat siswa baru di PPDB tahun ini. Bahkan pihak sekolah yang sempat membuka pendaftaran PPDB online terpaksa memperpanjang hingga offline.



"Pagu di sekolah kami ada 28 dan saat ini yang mendaftar masih 1. Tahun-tahun sebelumnya memang nggak banyak, tapi tahun ini paling sedikit,” ucap Nur Faidah, dikonfirmasi pada Kamis (11/7/2024).

Ida, sapaan akrabnya menambahkan bila selama ini siswa di SDN Jatimulyo 4 maksimal ada 13 siswa. Rinciannya di kelas 5 tahun ada lima murid, kelas 4 ada sembilan murid, kelas 3 ada lima murid, kelas 2 ada delapan murid.

Sulitnya SDN Jatimulyo 4 mendapatkan murid disebut Ida karena faktor lokasi sekolah dasar negeri yang berdekatan. Di sekitarnya ada SDN Jatimulyo 1 dan 5.

“Saya lihat banyak yang ke SDN Jatimulyo 5. Terus lokasi sekolah dekat kampus, memang di situ area kampus (banyak rumah yang digunakan untuk kos atau kontrakan mahasiswa), ya itu mungkin berpengaruh,” tuturnya.



Dia menyampaikan, bila hingga batas akhir PPDB tidak ada penambahan siswa baru maka 1 siswa pendaftar itu kemungkinan besar dipindah ke sekolah lain. Tapi untuk kepastiannya, Ida masih perlu membahasnya dengan Disdikbud.

"Kemungkinan terburuknya satu siswa itu kami pindah dan angkatan tahun ini kosong. Cuma kepastiannya masih mau saya obrolkan dengan Disdikbud Kota Malang," pungkasnya.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)