BPIP Gandeng UPI untuk Perkuat Ideologi Pancasila ke Masyarakat

Jum'at, 19 Juli 2024 - 12:17 WIB
loading...
BPIP Gandeng UPI untuk...
BPIP menjalin kerjasama dengan UPI untuk memperkuat pembinaan ideologi Pancasila. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjalin kerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) untuk memperkuat pembinaan ideologi Pancasila di tengah masyarakat.

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan oleh Kepala BPIP Prof. KH Yudian Wahyudi M.A., Ph.D. dan Rektor UPI Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A. di Kampus UPI Bandung, Kamis (18/7/2024).

Prof. Yudian Wahyudi dalam arahannya mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan langkah strategis untuk mengarusutamakan ideologi Pancasila bagi segenap sivitas akademika dan masyarakat luas melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"BPIP tidak bisa bekerja sendiri dalam membumikan Pancasila. Kita perlu bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi seperti UPI," jelas Prof. Yudian.



Ia pun berharap kerjasama ini dapat mendorong semangat para dosen dan mahasiswa UPI untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Mari jadikan Pancasila sebagai kompas moral dalam setiap langkah kita," ajaknya.

Sementara itu, Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP, Ir. Prakoso., MM., mengatakan bahwa kerjasama ini sejalan dengan tugas BPIP untuk membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, serta melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

"UPI sebagai perguruan tinggi yang bergerak di bidang pendidikan, memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda," ujar Ir. Prakoso.

Rektor UPI, Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A., menyambut baik kerjasama ini dan menyatakan komitmennya untuk mendukung program pembinaan ideologi Pancasila yang digagas oleh BPIP.

"UPI siap bersinergi dengan BPIP untuk mewujudkan generasi muda yang Pancasilais," tegasnya.

Prof. Solehuddin menambahkan bahwa UPI memiliki program studi Kewarganegaraan dan Pendidikan Pancasila yang dapat dikolaborasikan dengan program BPIP.

"Kami juga sudah memiliki program penambahan studi karakter dan berharap kerjasama ini dapat berkontribusi untuk mengembangkan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) bagi seluruh masyarakat Indonesia," jelasnya.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)