Asal Usul Kerajaan Demak, Kesultanan yang Dibentuk di Daerah Rawan Banjir

Jum'at, 19 Juli 2024 - 10:06 WIB
loading...
Asal Usul Kerajaan Demak,...
KERAJAAN Demak sebuah kesultanan Islam pertama di pesisir utara Jawa Tengah. Secara geografis, kesultanan ini terletak di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
DEMAK - KERAJAAN Demak sebuah kesultanan Islam pertama di pesisir utara Jawa Tengah. Secara geografis, kesultanan ini terletak di Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah.

Dilansir dari jurnal bertajuk "Perkembangan Islam pada Masa Kerajaan Demak", Kesultanan Islam Demak merupakan perjuangan Islam pertama di Jawa yang sengaja dirancang dan didirikan oleh Walisongo.



Masuknya Islam di bumi Nusantara (khususnya Indonesia) berlangsung secara sistematis, terencana, dan tanpa kekerasan.

Para ulama (dai pembawa ajaran agama Islam) melakukan perubahan besar-besaran di bumi Nusantara secara mendasar baik pada aqidah maupun sistem hukumnya yang sebelumnya menganut Hindu-Budha.

Dari kebudayaan Animisme- Dinamisme, Hindu, dan Budha menjadi bumi yang bertradisi Islami. Perubahan ini merupakan revolusi besar pemikiran dan peradaban Islam di bumi Nusantara.

Asal Usul Kerajaan Islam Demak


Pada awalnya daerah Demak dikenal dengan sebutan Bintoro atau disebut juga Glagah Wangi, yang merupakan kerajaan bawahan Majapahit. Terdapat beberapa pendapat tentang dari mana asal istilah Demak.

Pertama, Demak berasal dari bahasa Kawi yang artinya pegangan atau pemberian. Kedua, Demak berasal dari bahasa Arab dama’, yang artinya air mata.



Pemberian nama tersebut dikaitkan dengan usaha susah-payah yang dilakukan untuk menegakan Islam di Jawa. Ketiga, Demak juga berasal dari bahasa Arab dimyat.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2184 seconds (0.1#10.140)