Survei Pilkada Pemalang Versi TBRC, Ini Hasilnya

Kamis, 18 Juli 2024 - 17:47 WIB
loading...
Survei Pilkada Pemalang...
Survei tentang evaluasi kinerja dan peta elektoral Pilkada Pemalang versi TBRC digelar metode multistage random sampling dengan total sampel 1.450 responden. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
PEMALANG - Survei tentang evaluasi kinerja dan peta elektoral Pilkada Pemalang, Jawa Tengah digelar metode multistage random sampling dengan total sampel yang dianalisis sebanyak 1.450 responden.

Populasi survei ini adalah warga Pemalang yang memiliki hak pilih dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar lebih kurang 2,57 % pada tingkat kepercayaan 95 %.



Survei yang dilakukan dilakukan Timur Barat Research Center (TBRC) ini dilaksanakan pada 1-10 Juli 2024. Sementara responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Quality control terhadap hasil wawancara secara random sebesar 20 persen.

"Jumlah itu berdasarkan dari total sampel oleh supervisor dengan spot check. Tidak ditemukan kesalahan berarti," kata Direktur Eksekutive TBRC Johanes Romeo dalam keterangannya, Kamis (18/7/2024).

Hasilnya, approval rating kinerja Bupati Mansur Hidayat menunjukkan adanya tren positif dengan tingkat kepuasan masyarakat sebesar 87,1 % (cukup puas 52,30 %, dan sangat puas 34,80 %).

Dia mengungkapkan, masyarakat Pemalang menyatakan kepuasannya pada beberapa program Pemkab Pemalang. Di antaranya seperti program jaminan kesehatan gratis, program menekan angka anak putus sekolah, serta program pemberian seragam gratis pada siswa baru, SD dan SMP.


"Program-program tersebut meringankan beban para orang tua murid, khususnya dari keluarga yang kurang mampu. Begitu juga program pembangunan infrastruktur seperti perbaikan jalan dan irigasi ke dalam program prioritas pembangunan," kata Johanes.

Survei TBRC ini juga mencantumkan nama 14 tokoh di Pemalang dalam pertanyaan tertutup kepada responden terkait pengetahuan dan pengenalan responden. Hasilnya, Mansur Hidayat menjadi tokoh paling dikenal/populer dengan presentase (87,9 %).

Lalu, Agus Sukoco (63,3 %), Ahmad Iskandar Ali Syahbana (62,6 %), Anom Widiantoro (44,5 %), serta nama lainnya mendapatkan presentase di bawah 40 %.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2442 seconds (0.1#10.140)