alexametrics

Kantor SAR Maumere Gelar Pelatihan Potensi Pertolongan di Permukaan Air

loading...
Kantor SAR Maumere Gelar Pelatihan Potensi Pertolongan di Permukaan Air
Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere menggelar kegiatan Rapat Koordinasi dan pelatihan potensi SAR pertolongan di permukaan air atau water rescue tahun 2019. Foto iNews TV/Joni N
A+ A-
MAUMERE - Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere menggelar kegiatan Rapat Koordinasi dan pelatihan potensi SAR pertolongan di permukaan air atau water rescue tahun 2019. Kepala Kantor Basarnas Maumere I Putu Sudayana mengatakan maksud dan tujuan dari diadakannya kegiatan adalah untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan, dan keterampilan kepada seluruh potensi SAR yang sering melakukan operasi secara bersama di lapangan.

Sedangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan sinergitas dan soliditas dengan potensi SAR agar memahami dan mengerti prosedur operasi dan mengetahui langkah - langkah yang akan dilaksanakan di lapangan.

I Putu Sudayana menegaskan, kegiatan pembukaan Rakor dan pelatihan potensi SAR, bertempat di Aula Hotel Cappa Senin (24/6/2019). Sedangkan untuk pelatihan potensi SAR pertolongan di permukaan air atau water rescue, bertempat di Aula Hotel Permatasari dan Dermaga SAR Wailiti, yang berlangsung dari Senin 24-29 Juni 2019.



"Pelatihan ini diikuti peserta sebanyak 40 orang utusan dari berbagai elemen potensi SAR yang ada di Maumere," ungkap I Putu Sudayana.

Wakil Bupati Romanus Woga mengatakan, untuk mencapai sebuah tujuan yang diinginkan bersama, maka harus mempunya prinsip dan komitmen dengan spirit, semua untuk satu dan satu untuk semua.

"Kami pemerintah daerah mendukung penuh kepada pihak Basarnas baik pusat maupun daerah, yang secara terus menerus melaksanakan kegiatan yang mulia dan bermanfaat bagi daerah ini demi kemanusiaan," ungkap Wabup Romanus Woga.

Sementara itu, Direktur Operasi Basarnas RI, Brigadir Jenderal TNI Marinir Budi Purnama, mengatakan, bahwa rapat koordinasi ini sebagai wahana menyamakan presepsi meningkatkan komitmen koordiansi dan sinergitas antara Basarnas dan potensi pencarian .

Dikatakan Budi Purnama, kunci sukses penanganan suatu kejadian kecelakaan dan bencana adalah kerjasama dan sinergitas dari setiap institusi atau organisasi yang terlibat dalam sebuah operasi pencarian dan pertolongan.

Ia juga menyampaikan, dari Januari sampai Desember 2018 hingga bulan Mei 2019 ini, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Kantor SAR Maumere, telah menyelenggarakan operasi pencarian dan pertolongan terhadap kecelakaan kapal 38 kali, kondisi membahayakan manusia 38 kali dan bencana alam 18 kali.

Kegiatan ini dilakukan di Maumere karena di wilayah Flores rawan bencana. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Basarnas Kupang Emi Frizer, Danlanal Maumere Letkol Marinir Totok Nurcahyanto, Dandim 1603/Sikka Letkol Inf Sugeng Prihatin, peserta pelatihan potensi SAR .
(sms)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak