alexametrics

Kabupaten Jayapura Diguncang Gempa 5,3 SR Warga Panik

loading...
Kabupaten Jayapura Diguncang Gempa 5,3 SR Warga Panik
Gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Jayapura Minggu malam (9/6/2019) pada pukul 20.53.55 WIT. Berdasarkan data BMKG Wilayah V Jayapura, pusat gempa tektonik ini terjadi pada 2,7 LS dan 139,67 BT. Foto iNews TV/Edi S
A+ A-
SENTANI - Gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Jayapura Minggu malam (9/6/2019) pada pukul 20.53.55 WIT. Berdasarkan data BMKG Wilayah V Jayapura, pusat gempa tektonik ini terjadi pada 2,7 LS dan 139,67 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 90 km arah barat Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Propinsi Papua pada kedalaman 42 KM.

Pihak BMKG menyebut gampa yang telah membuat warga Sentani dan sekitarnya panik ini adalah jenis gempa bumi dangkal, yang terjadi akibat aktivitas sesar aktif Mamberamo Thrust Belt.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Kabupaten Jayapura ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault).



Beberapa warga panik atas gempa tersebut. Lilis Puji Hastuti, warga Sosial Sentani mengaku panik dan harus keluar rumah saat gempa. "Kita langsung keluar rumah, karena gempanya cukup kuat,"ucapnya.

Sama halnya Siti Daryanti. Warga Nimbokrang, Kabupaten Jayapura ini mengaku jam dinding dan kipas angin rusak akibat gempa. "Cuma sebentar tapi kuat gempanya. Kipas angin dan jam dinding sampai jatuh dan pecah,"katanya.

BMKG mengungkap guncangan gempabumi ini dilaporkan dapat dirasakan di daerah Genyem III-IV MMI, di Jayapura II-III MMI dan di Keerom II-III MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak