Buaya Besar di Situ Habibie Sukabumi Mangsa Domba Bikin Geger Wisatawan

Kamis, 27 Juni 2024 - 14:08 WIB
loading...
Buaya Besar di Situ Habibie Sukabumi Mangsa Domba Bikin Geger Wisatawan
Penampakan buaya besar di Situ Habibie Sukabumi yang kagetkan wisatawan. Foto/Ist
A A A
SUKABUMI - Wisatawan yang sedang menikmati liburan di Situ Habibie, Kampung Pasir Kaung RT 20/06 Kedusunan Cimandala 3, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, dikejutkan oleh kemunculan seekor buaya besar. Insiden tersebut terjadi pada hari Selasa (25/6/2024) sekitar pukul 12.00 WIB.

Buaya besar tersebut diabadikan oleh Bojang Rarang (31), seorang warga Cibungur, Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, yang sedang berwisata bersama keluarganya di danau yang juga dikenal dengan nama Situ Cikalapa.

"Kemunculannya pada hari Selasa (25/6/2024), sekitar pukul 12.00 WIB. Buayanya cukup besar, berjemur di pinggir situ hampir 5 jam lamanya. Pas pukul 17.00 WIB, saya pulang, namun buaya itu masih ada," kata Bojang pada Kamis (27/6/2024).

Menurut Bojang, informasi dari pemilik warung di kawasan wisata tersebut mengungkapkan bahwa sehari sebelumnya, buaya muara itu dikabarkan memangsa seekor domba milik warga yang tengah digembala di dekat Situ Habibi.

"Ukurannya (buaya) lumayan besar, seukuran manusia dewasa," tambahnya.



Kemunculan buaya ini menimbulkan berbagai reaksi dari masyarakat dan pengunjung. Beberapa di antaranya merasa khawatir akan keselamatan mereka, terutama bagi para petani dan penggembala yang sering beraktivitas di sekitar danau.

"Saya jadi lebih waspada saat membawa ternak ke sini. Kami berharap pihak berwenang bisa segera mengambil tindakan untuk memastikan keselamatan kami," ujar seorang warga.

Kabar kemunculan buaya muara di Situ Habibi sebelumnya juga sempat dilaporkan warga pada 1 Desember 2023. Saat itu, seorang warga bernama Parel (53) terluka pada kaki kanannya akibat gigitan hewan pemangsa tersebut. Kejadian tersebut sempat membuat warga sekitar waspada dan menghindari area situ selama beberapa waktu.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)
pixels