Kisah Sultan Agung Selaraskan Penanggalan Kalender Jawa dan Islam di Mataram

Kamis, 27 Juni 2024 - 05:52 WIB
loading...
Kisah Sultan Agung Selaraskan Penanggalan Kalender Jawa dan Islam di Mataram
Raja Mataram Islam ke-3 Sultan Agung. Foto/SINDOnews
A A A
Sultan Agung mengantarkan Kerajaan Mataram Islam ke puncak kejayaan. Di masa Sultan Agung, Mataram berkembang menjadi kerajaan besar di Pulau Jawa. Bahkan wilayah kekuasaan Mataram mulai meluas hingga sisi timur Pulau Jawa.

Sosok Sultan Agung sendiri merupakan pengganti Pangeran Hanyakrawati. Ia merupakan raja ketiga dari Kesultanan Mataram, dengan nama lengkap Sultan Agung Adi Prabu Hanyakrokusumo.

Sosok Sultan Agung mengantarkan Kerajaan Mataram menjadi kerajaan yang besar di Pulau Jawa. Sultan Agung memerintah sebagai raja ketiga setelah Panembahan Senopati dan Pangeran Hanyakrowati.

Bernama lengkap memerintah sebagai raja ketiga di Mataram.



Di bawah pemerintahan Sultan Agung inilah kalender Jawa Islam konon mulai digunakan. Kalender Jawa itu diciptakan memadukan antara kalender Hijriyah Islam, yang dipakai masyarakat pesisir utara dengan kalender saka yang dipakai masyarakat pedalaman.

Hasilnya terciptalah Kalender Jawa Islam, yang mempersatukan rakyat Mataram. Memang saat itu wilayah Mataram ada yang berada di pesisir dan pedalaman, yang masih kental dengan budaya Hindu-Buddhanya.

Di tangan Sultan Agung, Kerajaan Mataram menjadi Kerajaan yang begitu menentang kolonialisme. Dikisahkan pada buku “Tuah Bumi Mataram: Dari Panembahan Senopati hingga Amangkurat II” tulisan Peri Mardiyono.

Karena tekadnya melawan kolonialisme, Sultan Agung pernah menyerang VOC di Batavia.Raja muda yang naik tahta pada usia 20 tahun ini terkenal cukup berani dalam memerangi kolonialisme.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)
pixels