Imbas Naiknya Kendaraan ke Lembang, Petugas Berlakukan Oneway

Jum'at, 21 Agustus 2020 - 15:02 WIB
loading...
Imbas Naiknya Kendaraan ke Lembang, Petugas Berlakukan Oneway
Petugas Satlantas Polres Cimahi mengatur kendaraan di pertigaan Beatrix yang menjadi pertemuan kendaraan dari Bandung dan Cimahi menuju pusat kota Lembang. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Petugas Satlantas Polres Cimahi terpaksa menerapkan beberapa kali sistem oneway di ruas jalan menuju Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jumat (21/8/2020). Kondisi itu dilakukan karena kendaraan para wisatawan yang hendak berwisata menuju Lembang baik dari arah Kota Bandung ataupun Cimahi mengalami peningkatan.

"Hingga siang ini kami telah melakukan cara bertindak sistem oneway sebanyak tiga kali. Yakni dua kali di depan objek wisata The Great Asia Africa dan satu kali di jalan simpang Beatrix," terang KBO Satlantas Polres Cimahi Iptu Duddy Iskandar di Lembang. (Baca: Pengembangan Potensi Pariwisata Bandung Perlu Kolaborasi Antarpihak)

Duddy menyebutkan, dibanding Kamis kemarin, kendaraan yang masuk ke Lembang hari ini mengalami peningkatan hingga 40%. Bahkan tidak menutup kemungkinan jumlah tersebut bisa bertambah mengingat libur masih ada dua hari ke depan. Oleh karena itu untuk mengurai kemacetan dan penumpukan kendaraan di pintu masuk objek wisata, pihaknya mengantisipasi dengan sistem oneway.

"Oneway sifatnya situasional, ketika kemacetan panjang terjadi baru diterapkan. Itu untuk mengurai kepadatan kendaraan karena biasanya antrean mencapai perbatasan KBB dan Kota Bandung," sebutnya.

Di libur akhir pekan yang bertepatan dengan libur panjang Tahun Baru Islam 1442 H, wisatawan yang menuju Lembang terus mengalami peningkatan. Kebanyakan dari merek adalah pengguna kendaraan pribadi yang berasal dari luar Kota Bandung. Terlihat dari pelat nomer kendaraan mereka yang berhuruf depan B, F, Z, A, dan lainnya. (Baca: Kemacetan Masih Jadi Kendala Pariwisata Bandung)

Meski masih dalam kondisi adaptasi kebiasaan baru (AKB) pandemi COVID-19, tidak menyurutkan masyarakat yang sudah rindu untuk berlibur. Mereka banyak menyerbu sejumlah objek wisata yang berada di kawasan Lembang dan sekitrnya. Seperti The Great Asia Africa, Farm House, TWA Gunung Tangkuban Parahu, Floating Market, Lembang Park and Zoo, serta sentra oleh-oleh dan rumah makan di sepanjang Jalan Raya Lembang.

Terkit kesiapan personel menghadapi longweekend kali ini, pihaknya menyiagakan 100 personel Satlantas yang disebar di sejumlah titik di kawasan Lembang, terutama di objek wisata dan pusat keramaian. "Ada 100 personel yang disiagakan. Mereka tersebar seperti di Farm House, Simpang Beatrix, Simpang Grand Hotel, Alun-alun Lembang, Pasar Panorama, dan simpang Cikole menuju Maribaya," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)