Diduga Tertukar, Pasutri Ini Kaget Bayi Perempuannya Diganti Lelaki

Senin, 15 April 2019 - 23:48 WIB
Diduga Tertukar, Pasutri Ini Kaget Bayi Perempuannya Diganti Lelaki
Diduga Tertukar, Pasutri Ini Kaget Bayi Perempuannya Diganti Lelaki
A A A
SURABAYA - Pasangan suami istri (Pasutri) Mughni dan Siti Romlah terkejut ketika bayi perempuan yang dilahirkan tiba-tiba berubah jadi laki-laki.

Padahal, saat melahirkan para perawat memberitahu sang buah hati berjenis kelamin perempuan. Perbedaan kabar jenis kelamin ini membuat mereka terpuruk dan khawatir anaknya tertukar.

"Lha iya, kok tiba-tiba jadi laki-laki. Saya jadi takut terjadi sesuatu pada anak kami," kata Mughni ketika ditemui di RSUD dr Soetomo Surabaya, Senin (15/4/2019).

Mughni mengaku datang pertama kali ke RSUD dr Soetomo pada Jumat, (12/4/2019) selepas maghrib untuk menjalani operasi caesar. Mereka merupakan pasien rujukan dari RS Muhammadiyah Ampel tempat pertama kali istrinya mau melahirklan. "Karena ada tekanan darah tinggi, pihak RS Muhammadiyah merujuk ke Soetomo (RSUD dr Soetomo, red)," ucapnya.

Setelah sempat masuk ke Instalasi Rawat Darurat (IRD), pada pukul 20.00 WIB dilakukan tindakan operasi caesar. Pelaksanaan operasi caesar berjalan lancar. karena alasan kesehatan, langsung masuk ke ruangan inkubator.

Dia dan istrinya maupun keluarga lainnya tak mengetahui maupun diperlihatkan kepada pada mereka. Mughni hanya menerima ari-ari bayi dan mendapat keterangan dari perawat bahwa bayi lahir dengan sehat dan berkelamin perempuan.

"Saya juga tidak diberikan kesempatan untuk adzan pada bayi, kalau anak-anak saya lainnya bisa. Istri saya juga tidak diberikan menyusui untuk pertama kali usai melahirkan," ungkapnya.

Esok paginya, dia pun meminta izin untuk melihat bayinya, namun oihak rumah sakit masih menjanjikan bayi baru bisa dijenguk pada Minggu. Mughni pun kebingungan dengan lamanya kesempatan dirinya bertemu dengan sang buah hati.

Minggu pagi, dia pun kembali memohon izin untuk melihat sang bayi. Keinginan itu akhirnya dikabulkan. Mughni pun sumringan dan bergegas untuk menemui anaknya. Namun, dia langsung terkejut ketika mengetahui kalau anaknya bukan perempuan, tapi berjenis kelamin laki-laki. "Istri saya juga menangis, ada apa dengan anak kami?" katanya.

Sampai saat ini, belum ada konfirmasi dari manajemen RSUD dr. Soetomo soal kejelasan jenis kelamin bayi yang dilahirkan Siti Romlah. Dia pun akhirnya meminta bantuan pengacara M Sholeh untuk membantu menyelesaikan masalah ini.

Bagi Sholeh, ada beberapa kejanggalan dalam kasus ini. Kalau memang salah identifikasi atau salah ucap perawat seharusnya bisa dibicarakan. Sehingga semua keluarga maupun pihak yang terkait lebih lega. "Tapi kalau memang tertukar, harus diinvestigasi. Buka rekaman CCTV atau dan tes DNA," katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5820 seconds (0.1#10.140)