Penulis Naskah 'Tilik' Kaget Filmnya Jadi Viral

Kamis, 20 Agustus 2020 - 23:36 WIB
loading...
Penulis Naskah  Tilik Kaget Filmnya Jadi Viral
Tangkapan layar salah satu adegan dalam film Tilik. Foto: YouTube Ravacana Films
A A A
YOGYAKARTA - Film pendek berjudul "Tilik" menjadi viral. Bahkan tokoh Bu Tejo yang nyinyir menjadikan film pendek produksi Ravacana Films menjadi trending topik di media sosial.

Viralnya film Tilik yang ditulis oleh Bagus Sumartono alias Bacep pun membuat sang penulis kaget. "Saya ndak nyangka kalau menjadi viral," ucapnya kepada SINDOnews, Kamis (20/8/2020) malam. (Baca juga : Film Tilik Angkat Fenomena Budaya Tilik di Masyarakat )

Menurutnya naskah Tilik ini ditulis berdasarkan kebiasannya bergaul dengan ibu - ibu. Kebiasaan ngrasani menjadikannya sangat piawai membuat naskah dengan gaya khas ibu-ibu di desa. Terlebih lagi ketika dirinya sempat memiliki proyek di Dlingo.

"Saya kagum dengan semangat ibu - ibu saat tilikan (budaya menengok tetangga yang sakit). Saat di tanjakan Cino Mati, pikap mogok. Nah di situ ibu- ibu dengan santai turun dan memgganjal ban," ucapnya.

Dia mengacungi jempol atas ketangguhan ibu-ibu di Dlingo. Dari sinilah inspirasi membuat tulisan."Di Dlingo, Bantul sudah biasa ibu-ibu naik truk dan pikap. Ini awalnya saya mau buat film dokumenter. Nah di situ ketemuan dengan Agung dan Elen dan diskusi sehingga jadilah film," tandasnya.

Untuk membuat lokasi syuting dia bersama tim Ravacana juga mengambil lokasi di Dusun Saradan, Desa, Terong, Dlingo."Jadi sopir truk juga asli warga Dusun Saradan," lanjut Bacep.(Baca juga : "Tilik" Viral, Sutradara sejak Awal Yakin Bu Tejo Akan Buat Penonton Gemas )

Lebih jauh dia menjelaskan, dalam film yang berdurasi sekitar 30 menit ini, dia berusaha menyampaikan pesan bahwa truk yang diibaratkan sebagai Bangsa Indonesia . Di dalam truk adalah gambaran rakyat Indonesia yang biasa dengan berbagai perbedaan."Meski pikiran dan caranya macam - macam namun semua naik truk juga dan inilah Indonesia," pungkasnya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)