Gunung Ibu Meletus 2 Kali, Semburkan Abu Vulkanik hingga 4 Km

Selasa, 11 Juni 2024 - 14:48 WIB
loading...
Gunung Ibu Meletus 2 Kali, Semburkan Abu Vulkanik hingga 4 Km
Gunung Ibu di Halmahera Barat mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu sekitar 4 Km di atas puncak, berwarna kelabu hitam. Foto/PVMBG
A A A
Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyampaikan kabar terkini terkait aktivitas Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, Selasa (11/6/2024).

Kepala Badan Geologi, Muhammad Wafid mengatakan, pukul 09.47 WIT Gunung Ibu mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu sekitar 4.000 meter di atas puncak, berwarna kelabu hitam dengan intensitas tebal condong ke arah barat.



"Suara dentuman dan gemuruh terdengar hingga ke Pos PGA Ibu," ucap Wafid dalam keterangannya.

Kemudian pada pukul 11.30 WIT, Gunung Ibu mengalami kembali erupsi dengan tinggi kolom abu sekitar 3.000 meter di atas puncak, berwarna kelabu hitam dengan intensitas tebal condong ke arah barat.



Wafid menyebut, berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, aktivitas vulkanik Gunung Ibu masih tinggi.

"Karena itu tingkat aktivitas Gunung Ibu pada tanggal 11 Juni 2024 pukul 12.00 WIT masih tetap di Level IV atau Awas," ungkapnya.



Atas kondisi tersebut, kata Wafid, Badan Geologi mengeluarkan rekomendasi untuk masyarakat serta pengunjung atau wisatawan di sekitar Gunung Ibu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)
pixels