Kementan Jadikan Fasilitator Pemuda Motor Penggerak Regenerasi Petani di Kalsel

Senin, 10 Juni 2024 - 11:17 WIB
loading...
Kementan Jadikan Fasilitator Pemuda Motor Penggerak Regenerasi Petani di Kalsel
Regenerasi Petani dan Penumbuhan jiwa wirausaha pertanian menjadi fokus dari program Kementan di Kalimantan Selatan. Foto/Istimewa
A A A
BANJARBARU - Regenerasi Petani dan Penumbuhan jiwa wirausaha pertanian menjadi fokus dari program Kementerian Pertanian (Kementan), salah satunya dengan Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS).

Program ini merupakan kerja sama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Hal itu ditegaskan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman terus berupaya meningkatkan produksi pangan strategis. Hal ini tentunya perlu dukungan dari SDM pertanian yang memiliki potensi besar yang berasal dari usia produktif.



Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa regenerasi petani adalah harga mati yang harus dilakukan.

“Karena petani milenial inilah berperan penting di dalam pembangunan pertanian Indonesia bukan hanya saat ini tetapi 10 hingga 20 tahun kedepan,” sebut Dedi.

SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai PPIU Kalimantan Selatan kali ini menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Fasilitator Pemuda (Fasmud) Program YESS (Youth Entrepreneurship and Employment Support Services).

Kegiatan yang di fasilitasi oleh PPIU Kalsel ini dilaksanakan selama 5 hari terhitung Senin - Jumat, 3 - 7 Juni 2024, bertempat di Kampus SMK-PP Negeri Banjarbaru.

Peningkatan Fasmud ini dilaksanakan selama 2 kali, yaitu batch 1 bagi Fasilitator Pemuda Kab. Banjar & Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Kemudian Batch 2 bagi Fasilitator Pemuda Kab. Tanah Laut & Kab. Tanah Bumbu. Adapun rinciannya Batch 1 pada tanggal 3-5 Juni 2024 dan Batch 2 pada tanggal 5-7 Juni 2024.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3135 seconds (0.1#10.140)
pixels