Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Jayapura, Akibat Subduksi Utara Papua

Jum'at, 07 Juni 2024 - 06:13 WIB
loading...
Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Jayapura, Akibat Subduksi Utara Papua
gempa dengan kekuatan Magnitudo 5,1 mengguncang Jayapura, Papua pada Jumat 07 Juni 2024 pukul 05.00.52 WIB. Foto/BMKG
A A A
JAYAPURA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dengan kekuatan Magnitudo 5,1 mengguncang Jayapura, Papua pada Jumat 7 Juni 2024 pukul 05.00.52 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,8. Episenter gempa terletak pada koordinat 2,79° LS ; 142,27° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 179 Km Tenggara Jayapura Papua pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi utara Papua,” ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, Jumat (7/6/2024).



Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap ), gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).



Daryono mengatakan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 05.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock ).

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” imbaunya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)
pixels