Seberapa Luas Wilayah Kerajaan Majapahit? Dari Mulai Berdiri, Masa Kejayaan hingga Keruntuhan

Rabu, 05 Juni 2024 - 19:43 WIB
loading...
Seberapa Luas Wilayah Kerajaan Majapahit? Dari Mulai Berdiri, Masa Kejayaan hingga Keruntuhan
Luas wilayah kerajaan Majapahit pada era berdiri sangat berbeda dengan luas kerajaan tersebut di masa jayanya. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
LUAS wilayah Kerajaan Majapahit itu seberapa? Luas Majapahit sebenarnya bergantung dari berada di era mana kerajaan tersebut. Sebab luas wilayah Majapahit pada saat era berdiri tentulah sangat berbeda dengan luas kerajaan tersebut di masa jayanya.

Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan bercorak Hindu-Buddha yang berpusat di Mojokerto, Jawa Timur. Kerajaan yang ada sejak 1293 M hingga 1500 M itu sempat jadi salah satu kerajaan terbesar yang ada di Nusantara.



Pada masa kejayaan Majapahit di sekitar tahun 1350-1389, di bawah kekuasaan Raja Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada, kerajaan tersebut berhasil menguasai hampir seluruh wilayah Indonesia saat ini ditambah dengan beberapa wilayah di Singapura dan Malaysia.

Luas Wilayah Kerajaan Majapahit:

1. Masa Berdirinya Kerajaan Majapahit


Kerajaan Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya, yang merupakan menantu dari Raja Singasari, Kertanegara yang dikudeta dan dibunuh oleh Jayakatwang. Dari situlah Raden Wijaya dan istrinya membawa pasukan yang tersisa untuk melarikan diri dari Singasari dan mulai membuka hutan yang kemudian tempat tersebut dinamai Majapahit.

Pembabatan sebuah hutan di wilayah Jawa Timur inilah yang menjadi cikal bakal terbentuknya Kerajaan Majapahit. Selanjutnya Raden Wijaya mulai membangun kekuatan untuk melancarkan balas dendam pada Jayakatwang.

Setelah berhasil membunuh Jayakatwang, Kerajaan Gelanggelang akhirnya runtuh dan dikuasai oleh Raden Wijaya. Raden Wijaya lantas mengambil alih kekuasan dan memimpin wilayah Jawa Timur dari Majapahit.

2. Masa Kejayaan Kerajaan Majapahit


Setelah Hayam Wuruk naik tahta dibantu oleh Mahapatih Gajah Mada, Kerajaan Majapahit menjelma jadi kekuatan yang paling ditakuti di tanah Jawa. Hal tersebut membuat Mahapatih Gajah Mada mampu mewujudkan sumpahnya untuk memperluas kerajaan.



Luas kerajaan Majapahit di era Hayam Wuruk meliputi Timur Jawa meliputi Bali (dengan Badahulu dan Lwa-gajah), Nusa Penida (Gurun dengan Sukun sebagai ibukota), Lombok Timur Laut dan lembah Lombok, Sumbawa (Bima, Taliwang, Dompo, Sapi), Flores Timur Laut (Larantuka).



Timor dan pulau-pulau di sekitarnya, Kepulauan Solor, Pulau Gunungapi, Banda, Ambwan (Ambon), Kepulauan Goram, sebelah Timur Seran (Gurun), Kepulauan di Barat Misool (Hutankadali), Wanin (Onin) di Irian Jaya, Kowiai di Tenggara Irian Jaya (Seran kedua). Kemudian Ternate (Maluku), Kepulauan Ralaud di Timur Laut Sulawesi Tengah, Buton, Sulawesi Barat Daya dan Lumu (Bantayan, Makkasar, Luwuk), Salayar (Salaya), Kangean di antara Madura dan Salanyar.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)
pixels