20 Anggota Mapala Surabaya Sukses Eksplorasi Gunung Rinjani dan Pulau Lombok

Senin, 03 Juni 2024 - 14:13 WIB
loading...
20 Anggota Mapala Surabaya Sukses Eksplorasi Gunung Rinjani dan Pulau Lombok
Sebanyak 20 mahasiswa dari berbagai organisasi mapala Surabaya sukses mencapai puncak Gunung Rinjani di Pulau Lombok, NTB. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SURABAYA - Sebanyak 20 mahasiswa dari berbagai organisasi pecinta alam ( mapala ) Surabaya sukses mencapai puncak Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Total perjalanan dari Surabaya ke gunung tertinggi kelima di Indonesia tersebut hingga kembali adalah delapan hari tujuh malam.

Puluhan mahasiswa ini tergabung dalam komunitas pecinta alam Naturasa yang merupakan bagian dari Super Adventure Surabaya. Mahasiswa ini dari berbagai kampus seperti Mahapala UPN, Mapalsa Uinsa, Mapara Ubhara, Mapala Wipa, Himapala Unesa, dan Mapala Umaha.

"Dalam explore Rinjani dan Pulau Lombok ini para mahasiswa mengunjungi berbagai lokasi, seperti Desa adat Sade, Pantai Senggigi, serta gunung Rinjani yang jadi tantangan terberat mereka. Kami bersyukur perjalanan berlangsung lancar, ini juga menjadi pengalaman mereka para pecinta alam eksplore alam di luar Pulau Jawa," kata Koordinator Naturasa Faris Affandy, Senin (3/6/2024).

Para peserta ini sukses melewati tantangan jalur Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 MDPL di Pulau Lombok . Mahasiswa yang tergabung dalam Naturasa Super Adventure Surabaya ini juga bertemu para pecinta alam dari berbagai daerah di Indonesia. Perjalanan selama 8 hari ini berakhir pada akhir Mei 2024 lalu.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada APGI (Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia), kemudian Operator travel Pahlawan Berkemah serta teman-teman dari Naturasa Surabaya yang telah membantu dan memandu selama pendakian dan perjalanan di Pulau Lombok," imbuhnya.

Salah satu peserta pendakian Ilham Fitriyanto mengaku sangat bangga bisa mencapai puncak Rinjani yang merupakan gunung yang didambakan para pendaki. Rinjani adalah salahsatu gunung terbaik di Indonesia dan memiliki kontur pendakian yang cukup terjal.

"Aku gak pernah punya pikiran buat naik sampai Puncak Rinjani, gak pernah terbayangkan sebelumnya. Bener- bener gak nyangka bisa berjuang sejauh ini. Terima kasih teman-teman Naturasa, Super Adventure sudah menemani sampai puncak Rinjani," jelasnya.

Komunitas Naturasa Super Adventure Surabaya selama ini dikenal sangat aktif dalam dunia pecinta alam. Sebelumnya mereka juga tanam pohon di berbagai hutan, seperti Bukit Krapyak Mojokerto, Pasuruan, Malang, dan wilayah perkotaan Surabaya raya. Mereka juga memperbaiki dermaga tempat singgah untuk para pendaki mengambil air di Gunung Argopuro untuk bekal pendakian di gunung, serta kegiatan positif lainnya terkait dengan pelestarian alam.

Mereka juga secara rutin dalam beberapa tahun terakhir ini menggelar kegiatan 'keren' seperti konser di alam yang tiketnya berupa bibit pohon untuk ditanam. Beberapa waktu sebelumnya mereka juga menggelar operasi pencabutan paku yang ditancapkan di pohon perindang di kawasan perkotaan Surabaya.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)
pixels