Kebakaran Dekati Suaka Margasatwa Kerumutan, Tim Darat Butuh Helikopter

Rabu, 20 Maret 2019 - 18:34 WIB
Kebakaran Dekati Suaka Margasatwa Kerumutan, Tim Darat Butuh Helikopter
Kebakaran Dekati Suaka Margasatwa Kerumutan, Tim Darat Butuh Helikopter
A A A
PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Sungai Guntung Tengah, Kecamatan Rengat, Kabupaten Inhu, Riau. Kebakaran terus meluas sehingga mendekati kawasan lindung Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan.

Kepala Bidang Kedaruran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gapur menjeleskan saat ini tim yang terdiri TNI, Polri, Manggala Agni dan masyarakat berjibaku melakukan pemadaman. Namun petugas kewalahan.

"Saat ini tim darat fokus melakukan pemadaman di sebelah utara. Untuk penambahan luasan kebakaran belum bisa diprediksikan karena masih tertutup asap yang tebal yang mengarah ke kawasan hutan SM Kerumutan," ucap Jim Gapur Rabu (20/3/2019).

Untuk pemadaman di sana, dikerahkan sebanyak 55 personel. Untuk menjinakan kebakaran, tim darat dilengkapi dengan dua mobil, 11 sepeda motor dan sejumlah mesin air. Namun petugas kewalahan. "Mereka meminta bantuan satu helikopter untuk melakukan operasi water bombing (bom air). Kondisi terakhir penjalaran api masih berlanjut," imbuhnya.

Kebakaran di dekat SM Kerumutan sudah terjadi selama lima hari. Selain SM Kerumutan, kebakaran juga terjadi di kawasan lindung Taman Nasional Tesso Nilo Kabupaten Pelalawan, Riau.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1948 seconds (0.1#10.140)