alexametrics

Pembentangan Kain Jumputan di Palembang Raih Rekor MURI

loading...
Pembentangan Kain Jumputan di Palembang Raih Rekor MURI
Kain Jumputan terpanjang di atas Jembatan Ampera mendapatkan penghargaan MURI. Foto/Berli Zulkanedi
A+ A-
PALEMBANG - Direktorat Lalulintas Polda Sumatera Selatan (Sumsel) membentangkan kain Jumputan terpanjang di atas Jembatan Ampera dalam rangkaian Milenial Road Safety Festival, di BKB Palembang, Sabtu (9/3/2019). Kegiatan ini mendapatkan penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Kain berwarna-warni khas Kota Pempek membentang sepanjang 1,1 KM di atas Jembatan Ampera pada acara Milennial Road Safety Festival. Hadir Presiden Joko Widodo dan ibu negara Iriana Jokowi serta puluhan ribu generasi milenial di lapangan parkir Pasar 16. (Baca Juga: Polda Kepri Pecahkan Rekor MURI Perpanjangan SIM di Millenial Road Safety Festival)

Untuk kain Jumputan membentang dari Sebarang Ilir sampai Seberang Ulu yang dipegang anggota TNI, Polri, mahasiswa dan masyarakat umum. Terlihat antusias masyarakat untuk berswafoto bersama Jokowi di depan kain Jumputan.



Jokowi yang melintas di atas Jembatan Ampera saat pembentangan kain khas sesekali melempar senyuman. Jokowi langsung turun untuk membuka acara MRSF setelelah mengajak masyarakat berfoto.

Selain Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, serta Gubernur Sumsel Herman Deru dan Wali Kota Palembang Harnojoyo.

"Bangga karena ini menjadi kain khas di Palembang. Ada kearifan lokal di acara yang dihadiri Presiden," terang Ketua Tim perancang kain Jumputan, Hermansyah, Sabtu (9/3/2019). (Baca Juga: 4 Rekor MURI dalam Kegiatan MRSF Lampung)

Sebagai salah satu perajin Jumputan, Hermansyah mengaku membutuhkan waktu cukup lama bersama perajin lain untuk merancang dan merajut kain Jumputan. Termasuk mempersiapkan sebelum dibentangkan saat presiden melintas.

"Persiapan cukup lama, memang kami cari moment dibentangkan saat presiden melintasi Jembatan Ampera dari Jakabaring," tutupnya.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak