Operasi Pencarian 10 Korban Banjir Bandang Tanah Datar Berlanjut, Alat Berat Dikerahkan

Minggu, 26 Mei 2024 - 08:13 WIB
loading...
Operasi Pencarian 10 Korban Banjir Bandang Tanah Datar Berlanjut, Alat Berat Dikerahkan
Operasi pencarian 10 korban banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, masih terus dilanjutkan. Foto/Agung Sulistyo/iNewsTV
A A A
TANAH DATAR - Operasi pencarian 10 korban banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi di Kabupaten Tanah Datar , Sumatera Barat, masih terus dilanjutkan hingga hari ke-16. Tim SAR gabungan dibantu alat berat untuk mempermudah proses pencarian di lokasi yang dicurigai terdapat korban.

"Operasi SAR masih terus dilakukan untuk mencari 10 korban yang masih dinyatakan hilang," ujar Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik, pada Minggu (26/5/2024).

Upaya pencarian dipusatkan di beberapa titik yang dicurigai terdapat korban. Tim SAR menggunakan alat berat untuk membantu penggalian material lumpur dan pasir yang sudah mulai mengering, serta batu dan kayu besar yang berserakan di sekitar lokasi.

"Penggalian dilakukan dengan alat berat karena material lumpur dan pasir yang sudah mulai mengering, serta banyaknya batu dan kayu besar di sekitar lokasi," jelas Abdul Malik.



Selain penggalian, pencarian juga dilakukan secara manual dengan menyusuri aliran sungai dan sektor-sektor yang dicurigai.

"Pencarian secara manual juga tetap dilakukan dengan menyusuri sungai maupun dengan menyisir sektor-sektor yang dicurigai," tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar memperpanjang masa tanggap darurat selama 14 hari ke depan. Hal ini dilakukan karena masih banyak sarana dan prasarana, rumah, dan bangunan lain yang belum selesai dibersihkan, serta masih ada 10 korban yang belum ditemukan.

"Masa tanggap darurat diperpanjang 14 hari ke depan karena masih banyak sarana dan prasarana, rumah, dan bangunan lain yang belum selesai dibersihkan, dan juga masih ada 10 korban yang belum ditemukan," ujar Bupati Tanah Datar, Eka Putra.

Diberitakan sebelumnya, banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi yang terjadi pada Sabtu (11/5/2024) telah menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah di Kabupaten Tanah Datar. Bencana ini juga menelan korban jiwa, dan hingga kini masih ada 10 orang yang dinyatakan hilang.

Upaya pencarian terus dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk tim SAR gabungan, TNI, Polri, BPBD, dan masyarakat setempat. Diharapkan semua korban dapat segera ditemukan dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)
pixels