Pos Indonesia Mulai Salurkan Dana Pensiun dari Asabri di Belitung

Rabu, 22 Mei 2024 - 20:39 WIB
loading...
Pos Indonesia Mulai Salurkan Dana Pensiun dari Asabri di Belitung
PT Pos Indonesia mulai menyalurkan dana pensiun dari PT Asabri di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BELITUNG - PT Pos Indonesia (Persero) mulai menyalurkan dana pensiun dari PT Asabri . Penyaluran sudah direalisasikan BUMN yang saat ini dikenal dengan brand Pos IND itu di beberapa wilayah, termasuk di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Pos Indonesia menjalin kerja sama dengan Asabri dalam penyaluran dana sosial. Asabri bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk memastikan bahwa dana pensiun diterima oleh para pensiunan secara tepat waktu dan efisien.

PosIND menunjuk KCU Kantorpos Tanjungpandan sebagai penyelenggara atau penanggung jawab penyaluran dana pensiun tersebut. Mereka pun ditargetkan untuk mengalokasikan dana pensiun kepada 100 penerima pensiunan. "Untuk alokasi dana pensiun ASABRI, kami menyalurkan kurang lebih ke 100 penerima dana pensiun," kata Executive General Manager (EGM) Kantorpos KCU Tanjungpandan, Ega dalam siaran pers, Rabu (22/5/2024).

Ega menjelaskan Kantorpos menerapkan dua metode penyaluran dana pensiun Asabri ini. Pertama, penyaluran dilakukan di Kantorpos. Kedua, disalurkan dengan metode layanan pensiun antar di rumah atau pengantaran langsung ke rumah penerima.

Menurut Ega, metode layanan pensiun antar di rumah ini diterapkan agar mempermudah pensiunan dalam menerima dana pensiun. Khususnya, bagi mereka yang berhalangan hadir karena keterbatasan fisik atau pun sakit.

"Kami berikan layanan pensiun antar di rumah itu kepada golongan tersebut agar memudahkan mereka dan bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat berkaitan dengan pembayaran dana pensiun," lanjutnya.

Ega memastikan dana pensiun ini dapat diterima dengan syarat yang mudah. Para penerima cukup menunjukkan identitas dan nomor pensiun untuk bisa mengambil dana tersebut. "Kalau dulu biasa disebut dengan Karip (Kartu Pensiun) yang berkaitan dengan syarat pembayaran dana pensiun," tuturnya.

Juru bayar KC Kantorpos Tanjungpandan, Fika mengungkapkan, ada beberapa persiapan yang dilakukan sebelum pengantaran dana ke rumah penerima, salah satunya survei. "Jadi, sebelum mengantarkan, kami survei ke lapangan untuk mengecek kondisi para pensiunan, baik Taspen maupun Asabri mengenai kondisi mampu atau tidaknya untuk datang ke Kantorpos. Kalau tidak mampu datang, kami data untuk diantarkan bulan berikutnya," katanya.

Dalam proses pembayarannya, para petugas juru bayar akan menggunakan aplikasi Asabri mobile. Tujuannya, memverifikasi data dan memasukkan nomor pensiun milik penerima. "Jadi, nomor pensiun itu beda-beda setiap para pensiunnya. Kami masukkan, langsung kami arahkan ke para pensiunnya untuk mencocokkan data," tuturnya.

Fika mengaku tidak terlalu mengalami kendala selama penyaluran dana pensiun. Bahkan, dia bisa melakukan penyaluran kepada sekitar 15 penerima dalam sehari. "Karena untuk daerah Tanjungpandan jaraknya bisa ditempuh dengan kendaraan. Jadi agak cepat penyalurannya," tandasnya.

Langkah Pos Indonesia dan Asabri menyalurkan dana pensiun mendapat apresiasi dan sambutan baik dari para pensiunan, termasuk yang berada di Tanjungpandan. Mereka senang karena dana pensiun ini bisa diterima dengan mudah berkat sinergi Pos dan Asabri.

Fakta tersebut diungkapkan salah satu penerima dana pensiun, Suharto. Warga asal Desa Air Saga, Tanjungpandan itu mengambil dana pensiun langsung di Kantorpos. Dia pun senang karena dana tersebut diambil dengan syarat yang mudah. "Saya diminta untuk menyiapkan kartu pensiun. Ambilnya mudah. Enggak pakai bayar-bayar," ujarnya.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2324 seconds (0.1#10.140)
pixels